Home / Artikel / 2 Swalayan Besar Masih Sajikan Produk Kadaluarsa, Saat di Sidak Petugas Gabungan

2 Swalayan Besar Masih Sajikan Produk Kadaluarsa, Saat di Sidak Petugas Gabungan

Jakarta, sketsindonews – Operasi pasar dengan sasaran super market terutama makanan kemasan Pemkot Jakarta Pusat bersama petugas gabungan lakukan sidak mendadak di dua pasar Swalayan. (21/12)

Dua pasar tersebut yang diperiksa diantaranya hypermart Gajah Mada dan Giant Mediteranian Kemayoran Jakpus.

Wali Kota Jakpus, Mangara Pardede saat memimpin sidak didampingi Kasudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakpus, Bayu Sari Hastuti dan Camat Kemayoran Herry Purnama.

Kata Mangara, kami sangat menyayangkan ternyata masih ada temuan makanan yang tidak layak dikonsumsi di dua swalayan itu.

“Temuannya banyak pada hari ini, nanti kita serahkan ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lebih lanjut” ucap Mangara dengan wajah serius dan tak percaya.

Ternyata supermart besar masih adanga kurangnya quality control dalam menjanjikan makanan bagi kinsumen, ini sangat berbahaya untuk di komsums, kata Mangara.

Sementara itu, Bayu Sari Hastuti Kasudin KPKP Jakpus menambahkan, untuk di Giant pihaknya memusnakahan 4 kilo gram telur, 2,5 kilogram kimchi, 7 kilogram kue kemasan, 6,7 kilogram ikan, satu botol sirup, dan satu bakso kemasan.

Sedangkan, di Hypermat Gajah Mada pihaknya memusnahkan 4 kilogram telur, 1,15 kilogram ikan teri dan gabus, 0,5 kilogram mie curah, lima kilogram rengginang, dan 27 botol inflused water.

“Seluruhnya kami musnahkan jadi satu, sehingga di konsumsi masyatakat, karena sudah kadaluarsa,” jelasnya.

Salah satu petugas BPOM menyatakan, pihaknya akan memberikan sanksi peringatan keras baik secara lisan maupun tertulis kepada dua pasar swalayan tersebut.

Menurutnya, dua pasar swalayan tersebut telah lalai dalam melakukan pengecekan distribusi makanan. Terlebih pada saat sidak ditemukan ijin edaran sudah kadarluasa.

“Seharusnya dua pasar swalayan ini mematuhi, Undang-undang nomor: 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” tandasnya.

Pada kegiatan sidak tersebut, Pemkot Jakpus melibatkan  BPOM Provinsi DKI Jakarta, pihak Kecamatan, Kelurahan, TNI, Polri, Satpol PP dan Dishub.

reporter : nanorame

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super