Home / Berita / Metropolitan / 34 Warga Terkonfirmasi Covid-19, Rw 03 Sumur Batu Lockdown

34 Warga Terkonfirmasi Covid-19, Rw 03 Sumur Batu Lockdown

Jakarta, sketsindonews – Hasil test antigen rapid test dan PCR SWAB wilayah RW 3 Kelurahan Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, dinyatakan sebanyak 34 warga terkonfirmasi Covid – 19. Hal tersebut memaksa pemerintah melakukan penerapan sementara lockdown PPKM Micro dalam mencegah perluasan cluster di wilayah.

Kapolsek Kemayoran Kompol Ewo Samono mengatakan, sampai saat ini diakuinya 34 warga di RW tersebut benar telah terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, lockdown diperlukan guna mencegah penyebaran yang lebih luas pada kawasan lain

“Untuk mencegah supaya virus corona tersebut tidak menular kemana-mana, kami bersama Camat dan Koramil sepakat untuk me-lockdown wilayah ini,” kata Ewo di lokasi, Selasa (8/6/21)

“Wilayah yang di-lockdown tepatnya berada di Jalan Intan Baiduri. Spanduk tanda bahwa wilayah itu sedang di-lockdown sudah dipasang di depan akses masuk,” jelasnya.

Ewo mengatakan, 34 warga yang terpapar Covid-19 rumahnya berada di sepanjang jalan tersebut.

Mereka positif Covid-19 berasal dari enam rumah di RT 1, RT 2 dan RT 8.

“Ini diduga cluster keluarga. Mereka juga tidak tau tadinya kena di mana. Tiba-tiba tanggal 3,4,5 Juni kemarin, warga di rumah itu dinyatakan reaktif semua,” katanya.

Selain lockdown lokal, dikatakan bahwa duberlakukan perketatan dengan one gate community selama 24 jam untuk warga tidak keluar masuk wilayah tersebut dengan pertimbangan penuluran.

Sementara pasien Covid sebagian besar warga sudah di isolasi untuk rawat di RS. Wisma Atlet dan juga beberapa rumah keluarga lakukan karantina mandiri secara ketat.

Ewo menyebut, dari kasus ini maka pihaknya untuk lakukan sterilitas wilayah selain melakukan penyemprotan disenfektan pada lingkungan secara masif diseluruh wilayah RW 03.

“Harapannya adalah agar lockdown ini efektif selain virus itu tak menyebar,” papar Ewo.

Ewo mengaku belum bisa memastikan berapa lama wilayah ini akan di-lockdown. Semuanya tergantung dari hasil tracing kontak yang dilakukan Satgas Covid-19.

“Kalau warga di sekitar sini di swab dan sudah negatif dan tidak terpapar akan kami buka kembali,” katanya.

Selama lockdown, Ewo memastikan warga akan mendapat bantuan sembako. Selain itu, ia juga mempersilahkan warga yang butuh bantuan untuk bisa menghubungi pihak polsek, kecamatan atau kelurahan setempat.

Sementara plt Lurah Sumur Batu Suprayitno menyatakan, bahwa dalam kasus ini sebenarnya OTG (orang tanpa gejala) termasuk pak RT nya juga terkena.

“Rapi kami telah lakukan antisipasi termasuk bagaimana lakukan kordinasi penanganan secara baik,” ucapnya.

“Diperkirakan penyebaran ini tidak meluas saat ini kami terus lakukan tracking dan treatment untuk segera melakukan recovery wilayah secara baik di wilayah sekitar Kelurahan Sumur Batu bersama pihak Polsek, FKDM wilayah dalam membantu pelaksanaan gugus tugas penanganan covid lock down local,” tutup Suprayitno.

(Nanorame)

Check Also

Pakati TNI-POLRI Peduli Dan Berbagi

Cianjur, sketsindonews – Bhakti Sosial untuk Negeri mewarnai Reuni Perak 25 Tahun Perwira Prajurit Karier …

Watch Dragon ball super