40 calon PNS Lanud Adisutjipto Diambil Sumpah

Yogyakarta, sketsindonews – Prosesi pengambilan sumpah janji bagi Pegawai Negeri Sipil, pada hakekatnya merupakan bukti bahwa Pegawai Negeri Sipil yang bersangkutan telah melalui masa percobaan dalam status calon pegawai dan memenuhi syarat atas unsur-unsur antara lain, kesetiaan, ketaatan, sikap dan budi pekerti, kecakapan, sehat jasmani rohani dan telah lulus latihan prajabatan.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM saat menandatangani berita acara pengambilan Sumpah/Janji  40 calon Pegawai Negeri Sipil di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto  Selasa  (10/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)
Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM saat menandatangani berita acara pengambilan Sumpah/Janji  40 calon Pegawai Negeri Sipil di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto Selasa (10/1). (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Demikian sambutan Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM pada acara pengambilan Sumpah/Janji  40 calon Pegawai Negeri Sipil di Gedung Jupiter Lanud Adisutjipto  Selasa  (10/1).

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto juga  mengharapkan para Pegawai Negeri Sipil, yang baru saja mengucap sumpah janji, untuk dapat membuktikan status Pegawai Negeri Sipil yang baru saja disandangnya dengan sebaik-baiknya, yaitu melalui kinerja profesional sebagai jawaban terhadap tuntutan tugas di masa yang akan datang.

Ke-40 calon Pegawai Negeri Sipil yang tersebut terdiri dari 3 orang golongan II C, 26 orang Golongan II A, 9 orang golongan I C dan 2 orang Golongan I A

Berdasar Keputusan Panglima No: Kep/06/VI/92, PNS TNI bukan lagi merupakan suplemen melainkan komplemen dari prajurit TNI. Oleh sebab itu, jelas  Komandan Lanud Adisutjipto, PNS TNI dan prajurit TNI merupakan suatu kesatuan yang terpadu dan mempunyai tanggung jawab yang sama dalam pelaksanaan tugas pokok TNI. Keterpaduan PNS TNI dan Prajurit TNI harus tercermin dalam semua tingkat organisasi dan kedua belah pihak wajib memahami peran masing-masin

Di hadapan 40 Pegawai Negeri Sipil yang baru diangkat, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM, mengharapkan agar PNS khususnya yang baru saja diangkat hendaknya lebih memantapkan jati diri selaku PNS dan mampu meningkatkan motivasi dan kualitas pengabdiannya kepada bangsa dan negara melalui tugas dan kewajiban yang diamanatkan. “Tingkatkan kuliatas diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai jawaban terhadap tuntutan tugas di masa yang akan datang,” tegasnya.

Kasibinpersman Lanud Adisutjipto Letkol Adm I Gede Suwamba usai acara menyampaikan bahwa, “mereka yang diangkat telah melalui masa percobaan dalam status calon pegawai dan memenuhi syarat atas unsur-unsur kesetiaan, ketaatan, sikap dan budi pekerti, kecakapan, sehat jasmani rohani serta telah lulus latihan pra jabatan.”

Turut hadir pada acara pengambilan sumpah janji bagi Pegawai Negeri Sipil diantaranya Danwingdikterbang, Kadispers, kadislog, para Komandan satuan, para pejabat di lingkungan Lanud Adisutjipto. (Kumara)