Back

Media Terpercaya

7 Perusahaan Asing Siap Relokasi Ke Indonesia Membuka Lapangan Kerja

Jakarta, sketsindonews – Kondisi pandemi di Indonesia yang berdampak pada sisi ekonomi, pemerintah Indonesia telah lakukan antisipasi dengan memberikan ijin relokasi 7 perusahaan besar asing ke Indonesia.

Hal ini tentunya dengan harapan akan lebih banyak-banyaknya lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia diantaranya berasal dari Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan siap mengalihkan pabriknya ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah memberikan izin relokasi perusahaan besar tersebut ke Indonesia dengan harapan akan lebih banyak diberikan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

“Cipta lapangan kerja, itu yang kita tuju,” kata Jokowi di Batang, Jawa Tengah.

Untuk memuluskan peralihan perusahaan tersebut, Jokowi telah memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), membantu mereka dengan memberikan pelayanan terbaik. Jokowi bahkan mewanti-wanti agar perizinan relokasi perusahaan tak dipersulit.

“Terutama terkait dengan pembebasan tanah, agar dapat membantu ini selalu menjadi masalah di (negara) kita,” kata Jokowi.

Jokowi mewanti pula tentang kesiapannya tolong bila timbul masalah pembebasan lahan. Ia menyiapkan kawasan Batang, Jawa Tengah, untuk kawasan industri.

Sebanyak lebih kurang 4.000 hektare tanah disiapkan untuk menampung relokasi perusahaan dari luar negeri. Untuk tujuh perusahaan ini dapat memanfaatkan 450 hektar.

“Misalnya LG mau pindah besok, udah langsung masuk. Enggak usah ngurus apa-apa, nanti yang ngurus semuanya dari kepala BKPM. Tentu saja nanti disetujui Gubernur dan Bupati yang ada di sini, ”kata Jokowi lebih rinci.

Tujuh perusahaan perusahaan yang sudah ada di lobi BKPM dan siap relokasi perusahaannya, yaitu;

  1. PT Meiloon Technology Indonesia dari Taiwan.
    Relokasi pabrik dari Suzhou, Cina. Pabrik di Taiwan dan Cina merupakan pusat produksi untuk pasar global. Bidang usaha industri pembicara, audio dan video elektronik.
  2. PT Sagami Indonesia dari Jepang.
    Relokasi pabrik dari Shenzen, Cina karena biaya pabrik dan tenaga kerja di Indonesia lebih kompetitif dari Cina. Bidang usaha industri komponen elektronika,
  3. PT CDS Asia (Alpan Lighting) dari Amerika Serikat.
    Relokasi pabrik dari Xiamen, Cina karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibandingkan tarif 25% dari Cina ke Amerika. Bidang usaha industri lampu dengan tenaga surya.
  4. PT Kenda Rubber Indonesia dari Taiwan.
    Relokasi pabrik dari Shenzen, Cina, karena Peningkatan permintaan pasar di Indonesia. Larangan bidang usaha industri.
  5. PT Denso Indonesia dari Jepang.
    Relokasi dilakukan karena melihat Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN. Bidang usaha industri suku cadang.
  6. PT Panasonic Manufacturing Indonesia dari Jepang
    Relokasi dari Cina karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar dasar bagi beberapa kategori produk peralatan rumah tangga. Bidang usaha industri barang elektronika.
  7. PT LG Electronics Indonesia dari Korea Selatan
    Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat regional baru yang membutuhkan pasar Asia dan Australia. Bidang usaha industri perlengkapan elektronika.
     

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.