Back

Media Terpercaya

Aditya Tegaskan Lahan di Pancoran Milik Pertamina Persero

Jakarta, sketsindonews – Perwakilan Pertamina Training and Consulting (PTC), Aditya Karma menanggapi pengaduan warga Jl Pancoran Buntu II ke Komnas HAM pada Rabu (14/1/21) kemarin.

Seperti diketahui, sebelumnya puluhan warga mendatangi Komnas HAM guna mengadukan adanya dugaan intimidasi dari oknum petugas yang diduga akibat adanya sengketa lahan antara Pertamina melalui PTC dengan orang yang disebut sebagai ahli waris.

Dimana warga yang tinggal di lokasi dan mengadu ke Komnas HAM mengaku menyewa kepada ahli waris.

Namun secara tegas Aditya mengatakan bahwa lahan tersebut merupakan milik Pertamina Persero.

“Tanah/lokasi tsb adalah Hak milik Pertamina Persero. Kelengkapan dokumen kepemilikannya 100 % sempurna sesuai UU Agraria,” kata Aditya kepada sketsindonews.com melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis (14/1/21).

Dia juga menyebut bahwa warga yang datang ke Komnas HAM, merupakan warga yang berusaha memiliki lahan tersebut.

“Yang telah diprovokasi oleh para pihak yang menjanjikan bahwa lahan yang mereka duduki untuk sekian tahun, (walau tanpa hak) bisa di sertifikatkan oleh provokator tersebut,” ujar Aditya.

Saat ditanya terkait proses hukum di Pengadilan, Aditya juga membenarkan bahwa saat ini sengketa lahan tersebut sedang didaftarkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Benar, ada pihak yang mengaku ahli waris dari lahan Pertamina Persero ini, tapi tidak bisa menunjukan bukti kepemilikan tanah tersebut, melakukan gugatan perdata di PN Selatan,” katanya.

Terakhir, dia juga menyebut bahwa pihak yang melakukan gugatan tidak ada hubungan dengan warga yang melapor ke Komnas HAM.

“Tapi tidak ada hubungannya dengan para penghuni tanpa hak, yang datang ke Komnas Ham, mereka bukan pihak dalam gugatan,” tutup Aditya.

(Eky)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.