Home / Berita / ADKASI: Rapimnas ke Dua dan Workshop Nasional

ADKASI: Rapimnas ke Dua dan Workshop Nasional

Jakarta, sketsindonews – ADKASI, Asosiasi DPRD Kabupaten Seluruh Indonesia mengadakan Rapat Pimpinan Nasional ke Dua dan Workshop Nasional. Mentri Dalam Negeri Indonesia turut hadir, Tjahjo Kumolo, Dirjen Otonomi daerah Soni Sumarsono dan tuan rumah Ketua umum Adkasi, Lukman Said. Pertemuan ini di langsungkan di Hotel Mercure, Ancol, selasa (20/6).

Mentri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengatakan, sebagai Anggota DPRD dan SKPD diharapkan tidak melakukan hal-hal yang membuat malu institusi DPRD dengan tidak mengutak atik anggaran APBD di masing-masing daerah.

“Sudah banyak kejadian tertangkapnya para anggota DPRD oleh KPK dengan memainkan anggaran APBD. Terutama mengenai anggaran dana hibah, dana bansos dan pembelian barang dan jasa. Anggaran tersebut banyak anggota DPRD mengutak atik dengan SKPD dan ujung – ujungnya kongkalikong. Maka jelas KPK akan melakukan OTT karena urusan kongkalikong antar legislatif dan eksekutif,” jelasnya.

Menurutnya, anggota DPRD bagian daripada pemerintah daerah. Dia harus memahami bahwa posisinya adalah sama dengan pejabat daerah, maka harus dipahami sangat rawan korupsi.

“Kami mengapresiasi pekerjaan KPK setidaknya dengan begitu sigap dan teliti siapa – siapa aja yang kena OTT (Operasi Tangkap Tangan). Dan semoga ada efek jera karena mengutak atik anggaran,” ungkap Tjahjo.

Tjahjo berharap dengan adanya Adkasi DPRD juga mendorong pemda terbuka. “DPRD jangan dianggap remeh, dia bisa menentukan anggaran bersama pemda,” pungkasnya.

(Edo)

Check Also

Terdakwa Ijazah Palsu Dituntut 9 Tahun Denda 1 Miliar

Jakarta, sketsindonews – Kuasa hukum korban ijazah palsu yang diterbitkan Sekolah Tinggi Injili Arastamar atau …

Watch Dragon ball super