Back

Media Terpercaya

Advokat Alex Asmasoebrata Minta Majelis Hakim PN Jakpus Berikan Hukuman Setimpal

Jakarta, sketsindonews – Advokat Alex Asmasoebrata selaku kuasa hukum Rita KK, berharap majelis hakim yang diketuai M Sainal SH MH. Agar kelak memberikan hukuman pidana yang setimpal atas perbuatan Terdakwa Ningsih Suciati mantan Dirut Bank Swadesi yang kini bersalin rupa menjadi Bank Of India Indonesia.

Seperti telah diketahui Nining Suciati duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Lantaran diduga telah melakukan serangkaian kejahatan secara berjamaah tentang perbankan sesuai Pasal 49 ayat (2) huruf b Undang-Undang (UU) No 7 Tahun 1992 tentang Perbankan (Konvensional) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang No 10 Tahun 1998 dan Pasal 63 ayat (2) huruf b UU No 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah.

“Cukup hanya Rita KK saja debitur digembosi kreditur. Kasus ini yang terakhir dan diharapkan menjadi pelajaran berharga baik terhadap debitur maupun kreditur,” ujar mantan pembalap nasional kepada para pewarta Minggu (22/11/2020).

Alex Asmasoebrata mengharapkan majelis hakim lewat palu dan amar putusannya memberi pelajaran berharga bagi terdakwa Ningsih Suciati serta direksi, komisaris bank dan bankir-bankir Bank Swadesi/BOII.

Menurutnya, debitur semisal Rita KK semestinya harus dibina dan dibantu perkembangan usahanya bahkan direstrukturasasi. Bukan malah dibuatkan “jebakan” sedemikian rupa hingga agunannya yang lebih bernilai dibandingkan kredit berusaha diperoleh lewat usaha seolah formal melalui lelang.

Harapan Alex Asmasoebrata majelis hakim menjaga kehormatan dan wibawanya saat memutuskan kasus yang begitu menyita perhatian publik.

“Hakim itu wasit yang “mewakili” Tuhan di muka bumi, maka itu putusan yang dijatuhkannya berdasarkan hati nuraninya, rasa keadilan bagi yang terzolimi, sesuai pula dengan rasa keadilan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Hakim itu kan mulia, maka vonisnya terhadap terdakwa tentu berdasarkan fakta-fakta yang terungkap selama persidangan, kesalahan dan perbuatannya,” ucap dia.

Namun tentunya tidak lupa Alex meminta majelis hakim juga mempertimbangkan bahwa terdakwa Nining Suciati ini sudah residivis. “Maka perlu dipertimbangkan efek jeranya dengan memperberat hukumannya,” tutup Alex yang juga politisi senior PDIP.

(Sofyan Hadi)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.