Home / Artikel / Allah Telah Menyelamatkanmu dan Bersyukurlah
Foto ilustrasi. (Dok. Morelord)

Allah Telah Menyelamatkanmu dan Bersyukurlah

Keluaran 13:11-16

Renungan, sketsindonews – Bangsa Israel dibebaskan/kemerdekaan dari perbuadakan di Mesir. Dalam Keluaran 1:8 disebutkan bahwa setelah Yusuf meninggal dan raja yang kemudian memerintah di Mesir tidak mengetahui tentang Yusuf, memperlakukan bangsa Israel dengan buruk.

Dengan alasan kekuatiran jika bangsa Israel yang jumlahnya kian hari kian bertambah banyak tersebut bersekutu dengan musuh melawan mereka, diberlakukanlah kerja paksa bagi bangsa Israel. Tidak hanya itu, bahkan setiap anak laki-laki yang lahir harus dibunuh. Dalam situasi demikian, apa yang dapat dilakukan? Menginginkan merdeka? Pasti.

Tetapi secara logika bangsa Israel juga tidak mungkin membebaskan diri dari perbudakan atas mereka. Karena itu mereka hanya dapat berteriak minta tolong kepada Allah. Dan teriakan mereka sampai kepada Allah. Dan Allah menjawab doa mereka. Melalui Musa dan Harun Allah membebaskan umat Israel dari perbudakan mereka di Mesir.

Tidak hanya di bebaskan, tetapi Allah juga memimpin mereka memasuki dan memiliki tanah Kanaan sebagaimana telah dijanjikan kepada nenek moyang mereka, Abraham, Ishak dan Yakub.

Nas kita, Keluaran 13:11-16, berisi ketetapan-ketetapan apa yang nantinya harus dilakukan bangsa Israel setelah mereka masuk ke tanah Kanaan. Dengan kata lain sebagai ucapan syukur atas perbuatan Tuhan yang luar biasa, yakni yang memungkinkan mereka dengan terpaksa di ijinkan Firaun keluar dari Mesir dan mendiami tanah Kanaan, mereka harus: melestarikan sejarah dengan memperingati dan menceritakan kepada keturunan. Ketetapan Allah ini tidak saja harus terus menerus dilakukan.

Orang tua juga bertanggungjawab tidak saja mewariskan kebiasaan tersebut tetapi juga menjelaskan sejelas-jelasnya mengapa ketetapan-ketetapan itu dilakukan. Intinya tidak lain agar umat Israel dari generasi ke generasi tetap mengingat peristiwa pembebasan dari perbudakan mesir.

Dengan mengingat hal tersebut dimaksudkan Implikasinya nampak dalam sikap hidup yang mengucap syukur serta berusaha hidup sebagai bangsa Tuhan. Amen

(HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super