Home / Berita / Andar Situmorang: Ketua KPK Melakukan Kejahatan Jabatan

Andar Situmorang: Ketua KPK Melakukan Kejahatan Jabatan

Jakarta, sketsindonews – Direktur Eksekutif Govermaint Again Coruption and Discrimination (GACD) Andar Situmorang memastikan bahwa akan melaporkan Ketua Umum Komisi Pembetantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo.

“Lagi diskusi hukum, rencana laporannya, yang GACD laporkan adalah Ketua Umum KPK, Agus Raharjo,” jawab Andar, melalui pesan WhatsApp, Senin (5/6).

Baca juga: Dugaan Kasus Korupsi Pembelian Helikopter, GACD: Panglima TNI Harus Tanggung Jawab

Seperti diketahui, pada Jum’at 26 Mei 2017 lalu, Ketua KPK Agus Rahardjo, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kepala Staf TNI AU Marsekal Hadi Tjahjanto menggelar jumpa pers di Gedung KPK Jakarta.

Dalam jumpa pers tersebut, ditetapkan 3 orang tersangka dalam kasus pembelian helikopter AgustaWestland (AW) 101.

Namun menurut Andar, apa yang dilakukan oleh Ketua KPK dan Panglima TNI itu merupakan hal yang salah, mengingat BPK belum ada hasil audit dari negara.

Baca juga: Andar Situmorang Akan Laporkan Panglima TNI dan Ketua KPK

“Notabenya, perkara ini masih penyelidikan, harusnya silent,” ucap Andar.

Kekeliruan yang sangat Fatal dilakukan Panglima, kata Andar adalah saat Panglima menentukan kerugian negara sebesar 150 Miliar, kemudian dikoreksi Presiden Joko Widodo menjadi 220 Miliar.

Lebih jauh, dia menilai untuk kasus tersebut, Ketua KPK telah melakukan kolusi dengan turut dan membiarkan hal tersebut terjadi di Lembaganya.

“Di Kantor KPK (Agus Raharjo) melakukan pembiaran pidana, dimana Panglima TNI Gatot Nurmantyo mengumungkan sebuah pengkriminalisasian terhadap Prajurit aktif TNI dalam kasus korupsi pengadaan hely,” jelasnya.

Kekeliruan yang sangat Fatal dilakukan Panglima, kata Andar adalah saat Panglima menentukan kerugian negara sebesar 150 Miliar, kemudian dikoreksi Presiden Joko Widodo menjadi 220 Miliar.

Dengan perbuatan tersebut, Andar mengatakan bahwa Ketua KPK, Agus Raharjo telah melakukan Kejahatan Jabatan. “Dalam Pasal 421 KUHP, dalam perkara Korupsi Agus terancam Pidana 6 Tahun Penjara.

(Eky)

Check Also

SBY WO Saat Deklarasi Kampanye Damai, Protes KPU Atribut Partai Dukungan

Jakarta, sketsindonews – Acara kampanye deklarasi pemilu damai yang di gelar KPU Nasional dalam rangka mendukung sukses penyelenggaraan pemilu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meninggalkan lapangan Monas saat acara dimulai.

“Nggak ada, jangan lebay lah,” kata Budi di Monas, Jakarta Pusat, ujar Budi Arie Ketua Projo.

Pokoknya itu tidak benar Budi nyarakan, tidak ada provokasi dari pihaknya. Dia memastikan relawannya hanya melakukan deklarasi damai.

deklarasi.kampanye.damai.thamrin.doc

“Nggak ada provokasi, ini kan kampanye damai,” sebutnya.

Sebelumnya, SBY WO karena merasa diperlakukan tidak adil. SBY WO bersama Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Edhie Baskoro Yudhoyono pergi di tengah acara.

 

Ada juga atribut partai pendukung pro-Jokowi yang diprotes SBY. Presiden RI ke-6 itu pun akan melayangkan protes resmi ke KPU.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,”

Karena merasa aturan tidak ditegakkan, SBY yang kebetulan bersama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kemudian meninggalkan acara. SBY akan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu.

“Ini dianggap ketidakadilan oleh Pak SBY,” jelasnya

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca merasa pihak KPU telah melanggar aturan yang dibuat oleh lembaga itu sendiri. Yakni terkait tak adanya atribut partai yang dibawa saat acara deklarasi digelar.

“Partai Demokrat protes keras, Pak SBY juga turun dari barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati,” kata Hinca.

SBY pun kemudian menitipkan Partai Demokrat dan Kader yang masih di lokasi kepada Hinca untuk dihandle hingga acara selesai berlangsung. Namun pihaknya belum sempat ikut tanda tangan deklarasi.

“Iya beliau pun langsung titip ke saya selaku Sekjen,” katanya.

Pantauan di lokasi memang ada sejumlah bendera parpol di acara deklarasi tersebut. Padahal menurut PD acara ini harusnya bebas atribut dari partai politik.(nr)

download free themes Terkait

Watch Dragon ball super