Home / Artikel / Aneh Pemko Jakarta Pusat Lepas 132 Petugas Pemeriksa Hewan Qurban Usai Idul Adha..

Aneh Pemko Jakarta Pusat Lepas 132 Petugas Pemeriksa Hewan Qurban Usai Idul Adha..

Jakarta, sketsindonews – Pelepasan Petugas Pemeriksaan dan Daging Qurban hewan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Jakarta Pusat dilepas oleh Sekertaris Walikota Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin usai Sholat Idul Adha 1439 H.

Sebelumnya petugas pemeriksaan hewan yang berjumlah 132 orang di lakukan apel di halaman Kantor Walikota Jakarta Pusat yang terdiri dari petugas gabungan dari dokter hewan, profesional, mahasiswa dan Sudin KPKP Jakarta Pusat diberangkatkan ke masing-masing wilayah.

Sementara pantauan sketsindonews.com proses penjualan kambing sebelumnya warga telah banyak membeli hewan qurban telah jauh hari, sementara tim pemeriksaan hewan baru di lepas oleh pemko Jakarta Pusat saat usai Idul Adha. (22/8)

Padahal warga usai sholat langsung melaksanakan pemotongan di masing – masing wilayah lingkungan warga, maksimalkah mereka memeriksa hewan yang tersebar di lingkungan warga.

Kata warga Tanah Abang Yudi (35), Aneh kok tim Sudin KPKP baru dibentuk usai Idul Adha, biasanya tim itu sudah lakukan pemeriksaan awal jelang hari H – 3 dalam pemeriksaan hewan di kawasan penjual hewan, ujarnya.

Tim KPKP pemeriksa syarat sehat hewan untuk layak di potong, di jual secara sehat sebelum sampai ke pembeli untuk di qurbankan.

Ini kok tim baru dibentuk yang jumlah ratusan personil, sementara hewan sudah pada di potong, ucap Fahri.

Apa yang diperiksa oleh Tim, sementara warga sudah selesai dalam prosesi pemotongan di seluruh wilayah.

Sementara informasi yang di dapat tim dibentuk akan menyebar terutama di lokasi yang ada pemotongan kurban untuk memastikan daging kurban layak konsumsi dan tidak berdampak terhadap kesehatan,” ujar Iqbal Akbarudin, Sekretaris Kota Jakarta Pusat disela pelepasan Tim Pemeriksaan Hewan Qurban.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti menagatakan, petugas yang diterjunkan berjumlah 132 petugas yang dibagi menjadi delapan tim atau di delapan kecamatan yang secara tekhnis sudah diatur oleh tim pemeriksaan.

“Total ada 366 titik yang akan dipantau di delapan kecamatan, karena jumlah yang berbeda-beda kita minta tim yang sudah selesai dapat membantu rekannya di lokasi yang lebih banyak titik-titik pemotongan hewan kurban.

Ditambahkan Bayu, titik pemotongan hewan kurban meliputi; Kecamatan Kemayoran 64 titik, Tanah Abang 23 titik, Gambir 72 titik,Menteng 51 titik, Senen 18 titik, Johar Baru 49 titik, Cempaka Putih 41 titik dan  Sawah Besar 48 titik. Sementara 132 petugas tersebut terdiri dari; tenaga pemeriksa kesehatan hewan dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB sebanyak 44 orang, tenaga dari Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia sebanyak 7 orang, tenaga dari Sudin KPKP Jakpus sebanyak 48 orang tenaga dari Dinas KPKP DKI Jakarta sebanyak 27 orang dan tenaga dari Kementrian Pertanian RI sebanyak 6 orang.

Yang akan memeriksa daging kurban khususnya di masjid dan mushala yang melaksanakan pemotongan hewan Kurban, ujarnya.

reporter : inong

 

Check Also

Kalahkan Kejahatan Dengan Kasih Tuhan

Roma 12: 9-21 Renungan, sketsindonews – Kasih ini mesti dimulai dari dalam dulu, karena, tidak …

Watch Dragon ball super