Home / Berita / Anggaran Pengadaan Lahan DKI Hampir 2 Triliun, Pengamat Nilai Ada Pelanggaran Asas Keterbukaan

Anggaran Pengadaan Lahan DKI Hampir 2 Triliun, Pengamat Nilai Ada Pelanggaran Asas Keterbukaan

Jakarta, sketsindonews – Direktur Pusat Kajian Indonesia atau PUSAKA Indonesia, yang juga pengamat kebijakan pengadaan lahan perkotaan, Yuventus Newin Bylmoreno, menilai pemerintah provinsi DKI Jakarta, melanggar asas keterbukaan dan asas keadilan, dalam pengadaan lahan untuk memenuhi kebutuhan tanah untuk kepentingan umum di Jakarta. Sebab tidak ada transparansi anggaran atas lahan yang dibeli yang harusnya dimuat dalam dokumen perencanaan pengadaan tanah.

“Jadi lahan yang akan dibeli itu harus jelas, dimana letaknya, status, dan luasnya. Sesuai ketentuan harus dimuat dalam dokumen perencanaan pengadaan yang dibuat oleh masing-masing SKPD. Sebab dengan informasi itu masyarakat dapat diikutsertakan untuk memantau langsung proses pengadaan lahan sampai dengan pembangunan,” ujar Newin, saat ditemui di Cipinang, Jakarta Timur, Jumat (05/01).

Selain itu, pemprov juga terkesan mengabaikan asas keadilan yang pada prinsipnya pemerintah wajib memberikan penggantian yang layak kepada pihak yang berhak sehingga dapat melangsungkan kehidupan yang lebih baik.

“Jangan sampai pengadaan lahan untuk pembangunan yang bertujuan kesejahteraan, justru malah meminggirkan masyarakat dan menjauhkannya dari kesejahteraan, ” lanjut Newin.

Newin meminta pemerintah provinsi DKI Jakarta memperjelas pengadaan lahan di dinas kehutanan dan pertamanan DKI. Sebab tanpa kejelasan dokumen perencanaan pengadaan lahan dan tanpa titik lokasi yg pasti, bisa dipastikan melanggar undang-undang nomor 2 tahun 2012 pasal 15, dan juga melanggar Peraturan Gubernur DKI nomor 82 tahun 2017 pasal 8, terkait dokumen perencanaan pengadaan tanah.

Pernyataan Newin yang juga pengajar di Kalbis Institute Jakarta ini disampaikan saat menanggapi pertanyaan wartawan, terkait besarnya anggaran pengadaan lahan di tahun 2018, yang mencapai hampir 2 triliun rupiah.

(*/Eky)

Check Also

Tiga Jabatan Komandan Skadron Lanud Abdul Saleh Diserahterimakan

Malang, sketsindonews – Serah terima jabatan merupakan bukti eksistensi dan hidupnya sistem sebuah organisasi. Hal …

Watch Dragon ball super