Home / Artikel / Anies Diingatkan Waspadai Polemik Persampahan

Anies Diingatkan Waspadai Polemik Persampahan

Jakarta, sektsindonews – Terkait persoalan persampahan Bantar di Gebang antara Pemda DKI Jakarta dan Pemkot Bekasi bisa menjadi pengalihan isu karen menutupi persoalan besar adanya dugaan indikasi korupsi.

Persampahan di Dinas LH DKI banyak tak tuntas apalagi hanya untuk menutupi kasus dugaan korupsi di SKPD Dinas LH. .

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diingatkan untuk mewaspadai polemik persampahan karena yang berkembang bukan cuma soal sampah, tetapi juga soal kondisi TPST Bantar Gebang yang makin tidak kondusif serta mengganggu masyarakat setempat,” kata Pengamat Kebijakan Publik dari Budgeting Metropolitan Watch (BMW), Amir Hamzah, Selasa (23/10).

Karena itulah, selain merekonstruksi perjanjian kerjasama antara Pemkot Bekasi dengan Pemprov DKI sejak 2016, Anies disarankan juga melakukan penataan menyeluruh jajaran Dinas Lingkungan Hidup.

Gubernur DKI Anies harus panggil segera Dinas LH Isnawa Adji sekaligus meminta penjelasan secara rimci dalam pengelolaan sampah esuai Perda 3 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Sampah,” tegas Amir.

Sambung amir, selain itu, apakah Dinas Lingkungan Hidup sudah menyusun rencana induk pengelolaan sampah dan rencana aksi daerah.

“Hal strategis lainnya yang patut diperhatikan adalah, apakah spesifikasi kendaraan pengangkut sampah sudah diatur dalam pergub atau tidak,” cetus Amir.

Karena banyak pergub yang sudah di buat merupakan perlindungan legalitas pemda DKI dalam menjalankan fungsi pengelolaan sampah serta operasional.

Seperti truk pengangkut sampah sangat berkaitan dengan volume sampah dan alokasi anggaran swakelola, apakah itu juga sesuai.

Dari penataan menyeluruh itu maka akan ditemukan jawaban, kenapa pengelolaan sampah setelah diambil alih Dinas Lingkungan Hidup dalam bentuk swakelola, menjadi amburadul bahkan muncul banyak masalah.

“Sehingga meski polemik antara Pemkot Bekasi dengan Pemprov DKI sudah beres, namun dapat muncul masalah baru di internal apabila tidak dibereskan Gubernur Anies,” pungkas Amir

reporter : nanorame

Check Also

Sky Bridge Tanah Abang Ujian Pejabat Yang Terlibat Dalam Menuntaskan PKL

Jakarta, sketsimdonews – Menata “Sky Bridge’ (JPM) hingga kini masih polemik apalagi menjamin sterlitas kawasaan …

Watch Dragon ball super