Home / Artikel / Antisipasi Pelayanan Pengamanan May Day 1 Mei 2018 Libatkan 9997 Personil Gabungan

Antisipasi Pelayanan Pengamanan May Day 1 Mei 2018 Libatkan 9997 Personil Gabungan

Jakarta, sketsindonews – Rapat Kordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Jakarta Pusat (Kopinda) dalam rangka pengamanan Hari Buruh Internasional (May Day 1 Mei 2018) di ruang rapat serbaguna Kantor Walikota pembahas persipan pelayanan pengamanan Hari Buruh Dunia.

Dalam rapat tersebut di bahas terkait titik krusial pengamanan baik di ring I sebagai titik pertemuan aksi para buruh yang akan hadir memasuki Jakarta.

Buruh akan hadir diperikirakan mencapai ribuan, pengalaman aksi buruh pada tahun 2017 mencapai 40 ribu orang, mungkin untuk tahun ini ada penurunan dari pantauan pihak keamanan yang tertuang dalam rapim yang di paparkan Kabag Operasional Metro Jakarta Pusat. (27/4)

rakor muspinda.mayday2018.doc

Rakor juga dibahas terkait isu antisipasi pengamanan serta kemacetan yang akan muncul selain orasi penghinaan terhadap pemerintah soal buruh hingga soal penunjukan Presiden yang pro buruh

Kehadiran para buruh nanti akan berkisar pada 2 season pukul 08.00 WIB yang di mulai oleh kelompok KSPI dan berlanjut kelompok KASPI yang di mulai pukul 12.00 WIB.

Sebagai titik kumpul para buruh terfokus dititik Patung Kuda Monas sebelum mereka masuk menuju depan Istana Negara, Jalan MH. Thamrin berlanjut menuju gedung DPR – MPR Senayan Jakarta.

Titik Kumpul Buruh

Titik kumpul para buruh akan berkumpul pada 3 titik sebagai gerakan buruh bergerak diantaranya Kantor ILO (buruh) jalan MH. Thamrin, Gedung KPU dan Patung Kuda dengan sentral pengamanan lokasi itu menjadi prediksi pengaman kekuatan massa,

Pengamanan dan Personil

Kekuatan personil pengamanan pelayanan aksi demo buruh akan mencapai 9997 personil yang dilibatkan dengan distribusi pengamanan yang melibatkan unsur Kodam Jaya, Polres Jakarta Pusat, unsur Pemda dengan BKO Kodam Jaya 800 personil dengan masing masing 1 SSK. Sementara BKO dari pemda DKI  2.194 personil ditambah unsur 1,800 personil Satpol PP DKI dikerahkan.

Adapun daerah titik pengamanan (PAM) dibelakang Istana Negara dibagi 3 titik
Jalan Harmoni, Jalan Majapahit, Jalan Janda dan Jalan veteran dengan jumlah 405 personil.

Siaga silang Monas 600 personil, pintu silang Monas 446 (ambon 9), Istana Wapres 260 personil, Balaikota DKI 664 personil, titik kedatangan para pendemo di patung kuda akan di pantau dengan 584 personil.

Dalam arus antisipasi kemacetan dan kedatangan peserta demo pihak pemda DKI akan melaksanakan rekayasa jalan bersama pihak Dishub DKI Jakarta terhadap arus demo dari daerah dalam upaya antisiapasi penumpukan kendaraan.

Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede menjelaskan dalam kaitan may day 2018.maka yang perlu antisipasi massa dengan memutus mata rantai dengan tidaknya ada banyak PKL penuhi dilokasi titik aksi.

Ini sangat penting selain juga untuk menghindari persoalan sampah yang ada pasca demo yang nantinya pihak pemda akan mengerahkan petugas PPSU dengan melibatkan 4 Kecamatan, diantaranya Kecamatan Gambir, Kecamatan Menteng, Kecamatan Sawah Besar dan Kecamatan Tanah Abang, terang Mangara

Selain pula pihak Pemda Jakarta Pusat juga akan menyedakan fasilitas dan antusipasi termasuk ambulances, toilet umum, mobil Damkar dalam melayani dan mengurai massa aksi demo yang diperkirakan pukul 18.00 WIB hari May Day selesai, tukas Mangara.

Hadir dalam rapat koordinasi Muspinda Kasdim Kodam Jaya, Wakaopolres Jakarta Pusat, Kabag Operasional Polres Jakarta Pusat, Kejaksaan Negeri dan para Camat se Jakarta Pusat.

reporter : nanorame

Check Also

JMU Yang handal Jamin Keberlangsungan Alutsista TNI AU

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi S, M.M. membuka …

Watch Dragon ball super