Home / Artikel / Arak-Arakan Pawai Keliling Warga Jakarta Kenakan Pakaian Seperti Pahlawan Kemerdekaan

Arak-Arakan Pawai Keliling Warga Jakarta Kenakan Pakaian Seperti Pahlawan Kemerdekaan

Jakarta, sketsindonews – Tepat pada hari Minggu, 21 Agustus 2016 arak-arakan atau Karnaval diikuti oleh peserta putra-putri yang masih duduk di bangku sekolah dan kegiatan itu berlangsung di damping oleh orang tua mereka. Saat ini untuk memperingati hari kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 yaitu hari bersejarah bangsa Indonesia, di lakukan di Jakarta Timur.
Berbagai atribut bercorak merah putih dan pernak-pernik serentak turun kejalan menambah daya tarik pengguna jalan baik pejalan kaki maupun pengemudi yang melintas sepanjang jalan KRT Rajiman, Kelurahan Jatinegara. Dengan dilengkapi pakaian adat dan kreasi menambah kemeriahan pawai.
Danu salah seorang peserta karnaval yang saat di temui pewarta sedang memperagakan sosok Pahlawan bangsa,yang konon pada masa lalu ikut memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Dia yang kini tengah duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) kelas IV, menuturkan merasa senang ikut memeriahkan acara pawai itu ditengah terik mata hari.

” Pawai kumpul pukul 13.30 WIB di pelataran Pos RT 07, Aku tadi jadi pahlawan bawa bambu runcing. Aku juga pake sarung, kepala ku pake dasi merah putih. Aku seneng jadi pahlawan tadi cemong sedikit sih. Dan Aku senang ramai-ramai jalan sama teman-teman (pawai). Aku sekali putaran (keliling lingkungan RW),” kata Danu kepada pewarta.

Sementara saat di temui di lokasi karnaval panitia yang bertugas menjadi juri akan memberikan penilaian khusus kepada peserta dari berbagai RT untuk direkomendasikan kepada RW setempat.

“Kita menilai dari tingkat kreasi (atribut yang dipamerkan tiap peserta). Maklumlah namanya juga anak-anak yang dinilai jadi untuk meramaikan acara 17 Agustus saja,” terang panitia yang menilai peserta pawai pada sudut jalan.

Dalam keterangan terpisah ,pengurus Rukun Tetangga 07, menghimbau warganya turut hadir untuk memeriahkan acara pawai keliling lingkungan. Hal itu terlihat jelas ketika para remaja mempersiapkan atribut pawai yang dan menghias perlengkapan HUT-RI dipelataran kediaman warga.

“Jangan lupa hadir ya ada karnaval keliling. Besok ramai-ramai kita tonton,” singkat Suhelina kepada warganya. (Dw)

Check Also

Jalan Casa Kebon Kosong Timbunan Sampah dan Gerobak PKL Bikin Kumuh Warga Minta Tertibkan

Jakarta, sketsindonews – Pertemuan RW 06 Kelurahan Kebon Kosong dalam antisipasi wilayah terhadap kemungkinan banjir …

Watch Dragon ball super