Home / Artikel / Arti Kunjungan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Ke Indonesia

Arti Kunjungan Raja Arab Saudi Salman Bin Abdul Aziz Ke Indonesia

Jakarta,sketsindonews – Pengamat Timur Tengah dari Universitas Indonesia (UI) Dr Yon Machmudi menilai, kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz ke Indonesia yang dijadwalkan berlangsung pada 1-9 Maret 2017, memiliki arti penting dan strategis bagi kedua negara. “Mengapa kunjungan ini sangat penting? Ini dapat dilihat dari dua hal. Pertama, kunjungan ini adalah yang pertama bagi Raja Saudi setelah hampir 47 tahun ini tidak ada kunjungan ke Indonesia,” ujarnya di Jakarta, Jumat (24/2).

Padahal, sejak Orde Baru beberapa Presiden Indonesia telah melakukan beberapa kali kunjungan yang dimulai dari Gusdur, Megawati Soekarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, maupun Jokowi.

Rencananya, dalam kunjungan ke Indonesia, Raja Salman akan membawa 1.500 anggota delegasi, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran. Menurut Yon, tidak adanya kunjungan Raja Saudi sejak tahun 1970 hingga saat ini adalah sesuatu yang janggal.

Kedua, lanjut dosen Program Studi Arab UI itu, perubahan politik dunia, terutama di Amerika Serikat yang sedang kurang bersabahat dengan Islam dan Timur Tengah, juga menjadikan kunjungan ini menjadi penting. Kata dia, kebijakan Presiden Trump yang diskriminatif terhadap Islam dan Timur Tengah membuat ketidaknyamanan bagi para investor Timur Tengah.

“Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia mulai dilirik oleh negara-negara di kawasan Timur Tengah,” tutur peraih gelar PhD dari The Australian National University itu.

Yon menilai, sejak kepemimpinan Raja Abdullah (2005-2015) telah terjadi pergeseran arah politik luar negeri Arab Saudi dengan menjadikan Asia sebagai mitra alternatif menggantikan hegemoni Barat (Amerika). “Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia, di mana pada 2050 akan masuk empat besar raksasa ekonomi dunia sangat berpotensi menjadi alternatif bagi para investor Saudi,” ujarnya. (laman republika.co.id)

Sementara Raja Salman bin Abdul Aziz juga akan meninjau Bali dalam liburannya

Kabarnya, dia akan bertemu dengan para stakeholder pariwisata Pulau Dewata.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Gede Yuniartha. Bakal ada rencana pertemuan antara para stakeholder (pemangku kepentingan) pariwisata di Bali dengan rombongan Raja Salman.

“Mereka akan bertemu dengan stakeholder kita. Tapi sampai sekarang, saya belum dapat rundown acaranya,” sumber detiktravel.

Menurut Agung Gede, para stakeholder yang dimaksud adalah seperti Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) dan beberapa travel agent asal Bali. Agung Gede pun sangat mengapresiasinya.

“Pertemuannya terkait kerja sama antara Arab Saudi dengan stakeholder pariwisata di Bali. Kerja sama pariwisata,” ucapnya.

Perihal kunjungan turis Arab Saudi dan Timur Tengah ke Bali, angkanya memang masih sedikit. Beberapa masalahnya seperti, belum tersedianya penerbangan langsung dari Timur Tengah ke Bali.

“Baru Emirates saja yang terbang langsung dari beberapa destinasi Timur Tengah ke Denpasar. Etihad katanya mau masuk juga, tapi slot di airport kita terbatas. Ini kita minta bantuan kepada Kementerian Pariwisata dan Kementerian Perhubungan, supaya makin banyak turis Timur Tengah ke Bali,” tandas Agung Gede.

redaksi

Check Also

Sebanyak 533 Taruna Akmil Kunjungi Mueum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Yogyakarta, sketsindonews – Sebanyak 533 taruna tingkat 1 dan IV Akademi Militer, Minggu (26/5) mengunjungi …

Watch Dragon ball super