Home / Berita / Atlit Judo Dicoret Karena Jilbab, Anang: Jilbab Bukan Penghalang
Blind Judo asal Aceh, Miftahul Jannah. (Dok. Liputan6.com)

Atlit Judo Dicoret Karena Jilbab, Anang: Jilbab Bukan Penghalang

Jakarta, sketsindonews – Dicoretnya Atlet Blind Judo asal Aceh, Miftahul Jannah, dari ajang Asian Para Games karena menolak melepaskan hijab belakangan menjadi perbincangan hangat. Hal tersebut juga ditanggapi Anggota Komisi X DPR RI, Anang Hermansyah yang menyebut sikap Miftahul Jannah telah menyita publik tanah air dan telah menjadi buah bibir masyarakat Indonesia.

“Keteguhan sikapnya dalam mempertahankan keyakinan keagamannya merupakan landasan sikapnya,” ujarnya melalui siaran pers, selasa (09/10).

Aturan Judo agar melepas atribut merupakan aturan yang telah menjadi norma dalam pertandingan. Namun, menurutnya jika aturan tersebut diterapkan, tentu banyak “korban” semacam Miftahul Jannah yang akan muncul.

“Saya kira perlu jalan tengah atas persoalan ini,” harapnya.

Salah satunya, saran Anang, pemerintah dapat melakukan inisiasi dengan melakukan lobi ke federasi olahraga judo agar mengubah norma ihwal penggunaan jilbab.

Karena, Fakta sosiologis masyarakat Internasional soal masyarakat muslim merupakan fakta yang tidak dapat diabaikan. Untuk itu, dia menambahkan, agar jangan karena aturan tersebut, olahragawan muslim menjadi terkendala.

“Harapannya, penggunaan jilbab bagi atlit bukan menjadi penghalang untuk meraih sukses,” tutupnya.

(Eky)

Check Also

Ini Alasan Habib Smith Ditolak Di Manado

Sulut, sketsindonews – Dengan kawalan ketat dari aparat kepolisian dan TNI, sejumlah ormas adat Minahasa menolak kedatangan Habib …

Watch Dragon ball super