Home / Artikel / Awas Retribusi Sampah Kawasan Strategis Pertokoan Menjadi Rawan Pungli

Awas Retribusi Sampah Kawasan Strategis Pertokoan Menjadi Rawan Pungli

Jakarta, sketsindonews – Awasi Petugas Sarana dan Prasaran Umum (PPSU) terkait kerawanan yang muncul oleh pemanfaatan retribusi soal sampah baik kantor dan restoran di wilayah dikawasan strategis demi keuntungan rekening pribadi menjadi “pungli” hingga mencapai jutaan rupiah.

Ini benar terjadi dan terungkap saat petugas Lingkungan Hidup (LH) Kecamatan Tanah Abang Kota Jakarta Pusat didatangi pihak restoran atas penerimaan itu yang sudah diterima selaku pembayaran sah setiap bulannya.

Sumber yang diterima sketsindonews. com ada orang datang mengaku dari salah satu restoran di Tanah Abang.

Katanya dia menanyakan kepada kami bukti setor untuk retribusi sampah yang telah ditransfer ke rekening pribadi atas nama Ismail.

Orang tersebut dari pihak restoran minta bukti kwitansi dari LH bahwa restorannya sudah dibayarkan sampah setiap bulannya.

“Pihak restoran itu minta bukti setor dari kebersihan intinya, Setahu saya untuk membayar retribusi sampah restoran maupun kantor itu bukan ke rekening pribadi,” terang petugas LH Kecamatan Tanah Abang, (23/03)

Ia menambahkan, sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor: 3 tahun 2013 Tentang Retribusi yang dibayarkan langsung oleh Wajib Retribusi (WR) ke Kasda melalui Bank DKI, ada juga yang ditagih tunai oleh petugas yang selanjutnya disetor ke Kasda melalui Bank DKI untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Bapak transfer ke rekening atas nama siapa. Kalau petugas berpakaian orange itu mungkin PPSU”.

Coba saja ditelusuri dia itu PPSU dari Kelurahan mana kan di bukti transfer ada namanya,” jelasnya kepada pihak yang mengaku dari pihak restoran.

reporter : nanorame

Check Also

Caleg Dhuafa Bersatu 2109, Legislator Harus Jujur dan Adil

Jakarta, sketsindonews – Agak aneh dan lucu tapi ini realitasnya dalam panggung masuk arena poltik …

Watch Dragon ball super