Back

Media Terpercaya

Bagi Fattah Jasin Daerah Penghasil Migas Tak Membuat Sumenep Makmur

Sumenep, sketsindonews – Bakal Calon Bupati Sumenep Fattah Jasin mulai membicarakan potensi kekayaan Sumenep dari berbagai aspek serta dampak yang dirasakan masyarakat. Potensi itu salah satunya adalah minyak dan gas (migas). 

Bagi Fattah, Sumenep sebagai daerah penghasil migas tak membuat masyarakat makmur. Pemicunya karena potensi tersebut belum dikelola baik oleh pemerintah, serta belum maksimalnya pengelolaan sumber daya alam. 

“Sumenep yang punya banyak pulau merupakan daerah penghasil migas di Indonesia. Alih-alih menyejahterakan, kekayaan sumber daya alam itu justru tak membuat masyarakat makmur,” kata Fattah, Rabu (11/3/20) 

Selain masalah migas, potensi lainnya berupa pertanian dan perikanan. Hal demikian dapat dilihat dari jumlah buruh nelayan, baik di kepulauan maupun daratan. Apabila ini tidak disikapi, masalah perekonomian akan menghambat terhadap sirkulasi pembangunan. 

“Sumenep ke depan harus memprioritaskan percepatan pembangunan ekonomi. Di samping itu, juga harus diimbangi oleh percepatan infrastruktur. Jadi ekonomi wilayah akan tumbuh kalau diikuti dengan infrastruktur,” ungkapnya. 

Selain itu, lanjut Fattah, perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Menurut dia, IPM Sumenep masih ada diurutan ke 34 dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Dengan demikian, IPM Sumenep masih belum berjakan lurus dengan potensi pembangunan daerah dari sisi fisik. 

“Adalah sebuah ironi bahwa tanah Sumenep masih terdata sebagai kabupaten miskin. Ini data Pusat Statistik terbaru terbitan 2019. Nama Sumenep masih tercantum sebagai kabupaten termiskin ke 2 di Jawa Timur setelah Sampang,” pungkasnya.

(nru/akt) 

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.