Home / Berita / Nasional / Bamsoet Dukung “Black Stone Riders. Touring Motorbike Asia” Jelajah Sembilan Negara Asia

Bamsoet Dukung “Black Stone Riders. Touring Motorbike Asia” Jelajah Sembilan Negara Asia

Jakarta, sketsindonews – Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mendukung rencana ayah dan anak, Andrabells dan Syachnail, menyelenggarakan “Black Stone Riders. Touring Motorbike Asia”. Menjelajahi sembilan negara Asia yakni Indonesia, Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, dan Nepal selama 4 bulan (120 hari) dengan jarak tempuh sekitar 15.000 km. Titik start dari Black Stone Garage (IMI Lounge) di Hang Jebat, Jakarta pada Mei 2023 dan berakhir di Nepal pada 17 Agustus 2023, dengan target mengibarkan bendera merah putih di Kathmandu Nepal pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78.

“Selain mempererat soliditas para bikers di kawasan Asia, event ini juga membawa misi memperkenalkan wisata dan budaya Indonesia, khususnya batik, ke berbagai komunitas otomotif di berbagai negara yang dilintasi, sebagai upaya menduniakan batik. Mengingat pada 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warisan budaya tidak benda manusia karena kaya dengan simbol dan makna filosofi kehidupan manusia. Karena itu, kita wajib bangga dan melestarikannya dengan berbagai cara, termasuk melalui kegiatan otomotif,” ujar Bamsoet usai menerima Andrabells dan Syachnail di Jakarta, Rabu (18/1/23).

Pendukung Black Stone Riders Touring Motorbike Asia yang hadir antara lain, Project Event Manager Sonny Yulisman INAnews, Hanata Event Organizer Nur Ruli Febriyanti dan Bulan Adiyanti, Support Team Juliawan Wahju, Perwakilan Rumah Batik Palbatu Budi Dwi Harryanto, dan Koordinator Media Koesbiantoro.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, di setiap negara yang dilintasi, Andrabells dan Syachnail akan bertemu dengan duta besar maupun perwakilan diplomat Indonesia yang bertugas. Mereka juga akan menyelenggarakan ‘Meet and Greet’ melibatkan komunitas otomotif dari negara setempat yang rencananya disiarkan melalui live streaming dengan format live report dari berbagai kanal seperti Youtube, instagram dan Facebook dan disiapkan acara nonton bareng di Black Stone Garage dengan mengundang sponsor, awak Media dan perwakilan club.

“Pada saat ‘Meet and Greet’, dinegara yang di kunjungi Andrabells dan Syachnail akan membagikan merchandise batik Indonesia berbentuk syal atau buff produksi Rumah Batik Palbatu. Selanjutnya Bikers yang dikenal dengan Fathers and Son ini juga akan mempromosikan wisata Indonesia kepada para bikers Asia dengan cara mengundang mereka untuk berwisata ke Indonesia melalui touring bermotor ( otomotif tourism) ke destinasi wisata unggulan yang ada di Indonesia. Dengan demikian event ini menjadi bagian dari kontribusi komunitas otomotif menjalankan diplomasi kebudayaan melalui people to people contact untuk meningkatkan citra Indonesia di mata dunia,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, sebelum menyelenggarakan “Black Stone Riders. Touring Motorbike Asia”, Andrabells dan Syachnail juga telah melakukan berbagai touring nasional atau keliling Indonesia, Antara lain, Jelajah Garis Batas Borneo 2019, Ride For Friendship 1 Bekasi – Timor Leste 2021, Ride For Friendship 2 Bekasi – Sabang, Aceh 2021, Ride For Friendship 3 Bekasi – Merauke, Papua 2022.

“Melalui berbagai kegiatan touring internasional yang diselenggarakan para pecinta otomotif, IMI sekaligus mensosialisasikan fasilitas FIA Carnet De Passages En Douane (CPD) atau yang dikenal dengan visa kendaraan bermotor lintas negara. CPD sangat bermanfaat bagi pada komunitas otomotif yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari Tanah Air untuk melintasi negara-negara dikawasan ASEAN. Fasilitas ini dapat terwujud berkat dukungan yang luar biasa dari Bea dan Cukai Indonesia,” pungkas Bamsoet.

(Eky)

Check Also

Indeks Persepsi Korupsi Jeblok, Perlu Evaluasi Total Pemberantasan Korupsi di Indonesia

Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia pada tahun 2022 berada di angka 34. Capain ini jeblok …

Watch Dragon ball super