Home / Artikel / Bawaslu DKI Lakukan Evaluasi Pengawasan Hasil Suara

Bawaslu DKI Lakukan Evaluasi Pengawasan Hasil Suara

Jakarta,sketsindonews – Hasil pengawasan pemilukada DKI pihak Bawaslu DKI lakukan pers confrences terkait hasil temuan penghitungan suara di sejumlah dugaan pelangagaran di TPS.

Dalam keterangan Ketua Bawaslu DKI Jakarta Mima Susanti mengatakan, bahwa telah diketemukan beberapa dugaan pelanggaran sesuai UU No.10 Tahun 2016 dimana dalam ketentuan butir 7 dan 8 yaitu, mengawasi tahapan penyelenggaraan pemilihan penghitungan suara, serta pengawasan seluruh proses penghitungan suara di seluruh kerjanya, ujarnya.

Identifikasi hasil temuan pengawasan pemungutan dan penghitungan terdapat beberapa temuan baik logistik di TPS dengan kertas suara habis terdapat temuan 7 TPS, terkait form DPTb habis terdapat temuan 11 TPS. (17-02-2017)

Sementara pelanggaran pemilih (form C6,A5), dan pelanggaran penyelenggaran di TPS tidak memberikan kesempatan pemilih untuk menggunakan hak pilih tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, serta pelanggaran lain, paparnya.

IMG_20170217_171502

Kami juga temukan pelanggaran lain di TPS oleh penyelenggara KPPS, dimana pemilih sudah membawa identitas lengkap dan antri sebelum pukul 13 tapu tak bisa menggunakan hak pilih.
Hingga saat ini Bawaslu DKI telah mencatat 83 identifikasi hasil temuan dan pengawasan pemungutan dan penghitungan diantaranya ; Jakarta Barat 23, Jakarta Pusat 13, Jakarta Timur 18, dan Jakarta Utara 16 temuan.

Sementara Ketua Bidang Pengawasan dan Hukum M.Jufri menambahkan, bahwa nantinya pihak pihak yang dirugikan bisa langsung melaporkan ke Bawaslu DKI untuk melampirkan bukti otentik untuk nantinya bawaslu mengajukan DPTb (DPT tambahan) seuai hasil temuan.

Dimana Bawaslu DKI akan menindak lanjuti seluruh dugaan pelanggaran sesuai dengan aturan peraturan perundangan undangan, tutup Jufri.
(Nr)

Check Also

Diduga Menganiaya, Ketua AHS Lapor Ke Polisi, Ini Alasannya

Jakarta, sketsindonews – Ketua Yayasan Sarana Metta Indonesia dan Animals Hope Shelter (AHS) Christian Joshua …

Watch Dragon ball super