Bedah Buku : Momentum Kebangkitan Kaum Pribumi

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Dr. Muhammad Dahrin La Ode sering disebut ahli politik etnisitas. Desertasinya pun dalam biku “Etnis Cina Indonesia Dalam Politik di Era Reformasi: Studi Kasus Keterlibatan Kelompok Etnis Cina Indonesia dalam Politik di Kota Pontianak dan Kota Singkawang, Kalimantan Barat, 1998-2008”.

Sebelumnya pun Muhammad Dahrin La Ode telah menulis buku “Politik Tiga Muka Etnis Cina Indonesia Dalam Perspektif Ketahanan Nasional”_ (1996). Bahkan masih banyak lagi karya tulisnya yang sudah maupun yang belum dibukukan.

banner 300x600

Universitas atau perguruan tinggi tempatnya mengajar pun banyak. Mulai dari Universitas Tanjungpura Pontianak hingga Pengajar di Universitas Pertahanan Indonesia bersama sekumpulan Jendral dan perwira Tinggi TNI dari semua angkatan.

Penelitian terbaru Dr. Muhammad Dahrin La Ode bersama kawan-kawannya adalah “Peta Kekuatan Politik Etnisitas di Asia Timur, Konflik Kedaulatan di Laut Cina Selatan”, Bahkan Arah Perubahan Strategi Pertahanan di Asia Pasifik dengan aktor Amerika Serikat serta Rusia dan Cina.

Diskusi dan launching buku “Trilogi Pribumisme” karya Dr. Muhammad Dahrin La Ode MSi ini dibedah secara terbuka di Perpustakaan Nasional Jakarta, 26 Oktober 2018 yang lalu.

Menurut Laksamana Tejo Edi Pujiatno mengakui adanya dominasi etnis Tionghoa di negara kita, Indonesia, sungguh sangat mengkhawatirkan karena memang realitasnya begitu adanya.

Acara launching buku yang ditulis Dr. Muhammad Dahrin La Ode ini diterbitkan oleh Komunitas Ilmu Pertahanan Indonesia, Jakarta 2018.

Buku dosen pengajar di sejumlah perguruan tinggi ini menawarkan resolusi konflik pribumi dengan non pribumi di berbagai belahan dunia. Tejo Edi Pujiatno pun melihat adanya kecenderungan orang dari Timur Tengah di Indonesia sudah ada sebelum Indonesia merdeka masih mau berbaur dengan bangsa kita. Tapi mereka yang dari Utara ( Cina) tidak mau.

Jadi orang Cina di Indonesia memang sejak dulu memang sudah eksklusif sifatnya dan ekspansionis, kata Laksamana Tejo Edi menandaskan.

Buku Trilogi Pribumisme ini kata Dahrin La Ode diinspirasi oleh empat hasil penelitiannya terdahulu. Seperti Arah Politik Etnis Cina Indonesia Dalam Sistem Politik Nasional tahun 2015.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.