Belajar Dari Sosok Ashar, Ingat Berdayakan Informasi Mobile JKN

Jakarta, sketsindonews – Belajar dari pengalaman anak muda bernama Ashar Abu Khair menceritrakan pengalaman bahwa Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan tidak pernah jauh dari Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diberikan kepada peserta setelah mereka berhasil melakukan pendaftaran. Pada kartu tersebut ditampilkan suatu nomor khusus yaitu nomor identitas tunggal sebagai bentuk kepesertaan.

Nomor ini pada dasarnya diberikan untuk menjamin tertib administrasi atas hak dan kewajiban setiap peserta. Sehingga, penting sekali bagi peserta untuk membawanya ke manapun peserta berada.

Hal ini sempat terlupakan oleh Ashar Abu Khaer, yang akrab disapa Ashar. (1/2)

“Saya sangat ingat sekali kejadian beberapa waktu lalu pada saat saya mengalami kecelakaan,” ucap Ashar. Saya langsung mendatangi fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang saya butuhkan walaupun pada saat itu luka saya tidak terlalu serius.

Waktu itu saya lupa tidak membawa KIS saya karena dompet saya beserta isinya tertinggal di rumah. Saya memutuskan untuk menjalani perawatan sebagai peserta umum,” jelas Ashar memulai perbincangan.

Itulah yang menjadi awal dari awareness Ashar akan pentingnya membawa KIS ke manapun ia pergi. Kemudian Ashar mendengar mengenai aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh melalui playstore di ponsel pintar.

“Sejak mendengar mengenai Mobile JKN ini saya langsung mengunduh aplikasinya dan mempelajari fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pada aplikasi Mobile JKN terdapat fitur kartu digital peserta yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL). Status keaktifan peserta pun dapat dilihat langsung melalui kartu digital tersebut,” jelas mahasiswa asal Sulawesi Selatan yang merantau di Jakarta tepatnya di Kota Administrasi Jakarta Barat ini dengan bersemangat.

Ashar berpendapat Mobile JKN yang merupakan inovasi dari BPJS Kesehatan ini sangat berguna bagi masyarakat. Khususnya bagi peserta yang memiliki kesibukan yang tinggi dan haus akan informasi aplikasi Mobile JKN menjawab kebutuhan masyarakat.

Ashar mengatakan aplikasi Mobile JKN ini sangatlah berguna bagi masyarakat, terkhusus bagi yang mempunyai kesibukan yang sangat banyak. Karena Mobile JKN ini hadir dengan banyak fitur atau fasilitas di dalamnya.

“Saya sering sekali tuh ditanyaian sama orang tua yang ada di kampung, Mengingatkan untuk selalu siap dengan Mobile JKN. Selain bermanfaat yah biar gak ketinggalan zaman juga,” tutup Ashar.

(Nanorame)