Home / Berita / Harga Beras Melonjak Tinggi KPPU Ikut Selidiki
Ketua Syarkawi Rauf, di kantor KPPU, Jakarta, Selasa (25/7). (Dok. sketsindonews.com)

Harga Beras Melonjak Tinggi KPPU Ikut Selidiki

Jakarta, sketsindonews – Bergejolaknya harga beras baru-baru ini membuat harga beras dari petani ke distributor hingga diterima oleh konsumen melonjak tinggi.

Melalui penelusuran yang cukup lama oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), disinyalir harga yang diterima konsumen tinggi disebabkan panjangnya rantai distribusi dan adanya monopoli harga beras dan pasar.

“Distribusi beras di mulai dari petani ke pengepul diterima tempat penggilingan kemudian pedagang besar terus ke agen dan retailer terakhir diterima konsumen, dan industri ini telah diawasi oleh KPPU cukup lama. Jadi setiap rantai distribusi pasti ada margin, dan harga di end user pasti tinggi. Itu salah satu temuannya,” ucap Syarkawi Rauf, di kantor KPPU, Jakarta, Selasa (25/7).

Syarkawi melanjutkan, Temuan kedua khususnya pada level pedagang besar maupun penggilingan, pasar perjualan relatif terkonsentrasi hanya pada beberapa pemain besar.

Hal ini dinilai membuat margin di tengah-tengah tersebut menjadi lebih tinggi. Ini terlihat jelas dilapangan harga dari petani misalnya 7000 an dan harga sampai ke konsumen hampir 10 ribu lebih.

“Kami akan masuk ke tahap penelitian terkait penyalahgunaan posisi pasar. Sementara ini kami masih mendalaminya dan ini menjadi konsentrasi kami,” ungkap Syarkawi.

Ia melihat dari sisi persaingan usaha (KPPU) jika ada perusahaan yang monopoli dan menaikan harga dengan tidak benar maka itu sebagai pelanggaran.

(Edo)

Check Also

Anang Serukan Elit Cooling Down Saat Asian Games

Jakarta, sketsindonews – Asian Games yang bakal digelar pada 18 Agustus 2018 di Jakarta dan …

Watch Dragon ball super