Bermanfaatkah Perekrutan PJLP Menata Kota Jakarta

Jakarta,sketsindonews – Bermanfaatkah Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) yang sekarang ini direkrut oleh pemda DKI dalam menata wilayah DKI Jakarta. Diketahui PJLP di beberapa SKPD menjadi tenaga honorer oleh Pemda DKI, kini berbanding terbalik dalam capaian melebihi dari jumlah PNS DKI Jakarta yang ada.

Menurut Pengamat Perkotaan Yayat Supriyatna, mereka tidak berhasil guna jika peran PJLP tidak bisa dibangun dalam konteks Jakarta lebih tertib, bersih dan nyaman bagi warga Jakarta, ungkapnya.

Kata Yayat, hanya terlihat PPSU, SDA secara phisicly mampu memberikan kontribusi program yang nyata di dalam perannya membangun Jakarta lebih bersih, tak ada PPSU atau program pengurasan di lingkungan maka roh Jakarta akan hilang secara nyata.

“PJLP Kalo hanya untuk mengatur lalu lintas itu kan sudah ada Dishub, padahal menata Jakarta menjadi Kota tertata bagaimana pemerintah DKI menegaskan sebuah aturan dari berbagai penciptaan oleh warga melanggar dalam memanfaatkan fasum fasos harus di tindak.”

Semakin banyak petugas PJLP di SKPD di rekrut tentunya Jakarta semakin elok bukan tambah semrawut, PJLP terbentuk memiliki tugas mengurai kompleksitas problem Jakarta, sesuai harapan masyarakat cerdas sehingga nilai fungsi PJLP bukan menghamburkan anggaran sia – sia, paparnya

Seperti Satpol PP diketahui kekurangan petugas namun sisi lain mereka PJLP Trantib hanya menjaga lingkungan di lampu merah, tapi bagaimana mereka di tugaskan dalam penegakan perda sesungguhnya menjamin kepentingan publik, jelas Yayat.

Hal ironis terang Yayat, banyak tenaga skill honorer yang ada di Kelurahan dan Kecamatan, kesehatan hingga saat ini puluhan tahun tak diangkat menjadi PNS oleh pemda bahkan tak di jadikan prioritas untuk menjadi pegawai.

Kalo mereka “demo” tenaga honorer skill bisa dibayangkan Jakarta dalam. pelayanan publik tak bisa berjalan bahkan tergamggu karena angkatan kerja mereka lebih banyak dari PNS DKI

Sementara Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin saat rapim Tingkat Kota Jakarta Pusat di ruang pola menghimbau seluruh Camat dan Lurah di wilayah Jakarta Pusat dapat memperlakukan Penyedia Jasa Layanan Perorangan (PJLP) secara manusiawi, ucapnya. (11/6)

Alasan Iqbal, PJLP adalah petugas kebersihan garda terdepan yang juga merupakan tulang punggung Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat dalam bertugas membuat Jakarta bersih dan nyaman.

“Saya ingatkan diawal ini perlakukan mereka secara baik dan sikapi serta pedulikan hak-hak nya sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Mereka sudah bekerja keras sesuai dengan tugas pokoknya dalam memberikan kontribusi bagi wilayah, jadi hormati mereka secara manusiawi, ucap Iqbal.

nanorame