Home / Artikel / Biduk di Kampung Rawa Sasaran Home Industri Bagi Pendatang

Biduk di Kampung Rawa Sasaran Home Industri Bagi Pendatang

Jakarta, sketsindonews – Putaran III dalam operasi Biduk (Binaan Kependudukan) yang di laksanakan di Kampung Rawa Kecamatan Johar Baru Jakarta Pusat, pasukan gabungan terfokus pada rumah kost dan kawasan rumah home industri. (2/8)

Sebanyak 89 petugas gabungan yang terbagi menjadi 3 team ini langsung bergerak melakukan pemeriksaan identitas penghuni sesuai target sasaran.

Sebanyak 301 warga penghuni rumah kos dan home industri yang tersebar di tiga RW diantaranya RW 03, 05, dan 07, dicek identitasnya oleh petugas.

“Di lokasi rumah Home industri RW 03 ditemukan 14 warga berasal dari Jawa Barat,” kata Kasudin Dukcapil Jakpus, Remon Masadian disela-sela Binduk.

Remon menambahkan, pada binduk kali ini ada 62 warga ber KTP daerah yang terjaring.”Dari 62 warga ber KTP daerah, langsung kita layani pembuatan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS),” jelas Remon.

Pada giat operasi Bina Kependudukan petugas gabungan yang dilibatkan terdiri dari Sudin Dukcapil, Sosial, Satpol pp, TNI, Polri, Kasektor Dukcapil dan para Kasatpel Dukcapil, aparat kelurahan dan kecamatan, RT, RW, LMK dan FKDM.

Kegiatan Binduk digelar sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) nomor: 2 tahun 2011 tentang pendaftaran pendudukan dan pencatatan sipil serta Undang-undang nomor:23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan,” tandasnya.

Sementara itu, Kadis Dukcapil Provinsi DKI Jakarta, Edison Sianturi didampingi Sekdis nya Edi Supriyadi mengatakan, kegiatan Razia Binduk akan terus kita galakkan, sehingga warga pendatang sadar mau melaporkan diri ke pihak RT dan RW setempat.

Menurutnya, Pemerintah tidak melarang warga pendatang untuk masuk ke DKI Jakarta. Tapi mereka harus melaporkan diri kepada pengurus RT/RW. Jika sudah melapor, petugas akan memberikan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS).

“Kalau mau tinggal di DKI boleh saja, tapi punya keahlian. Jangan datang ke DKI hanya modal nekat saja nanti yang rugi kan mereka sendiri,” tandasnya.

Hadir pula saat Biduk Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara menjelaskan Biduk hari ini berlangsung lancar dan tertib.

“Saya berharap warga pendatang baru melaporkan diri mengenai keberadaan mereka kepada pengurus RT/RW setempat,” ucapnya

reporter : nanorame

Check Also

Bedug Bang Jum KH. Mas Mansyur , Laris Saat Ramadhan 1439 H

Jakarta, sketsindonews – Tanah Abang selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H warga Jakarta …

Watch Dragon ball super