Home / Berita / Bina Marga Jakarta Pusat Revitalisasi 44 Jembatan Lintas Publik Konsep Wajah Baru Ibukota

Bina Marga Jakarta Pusat Revitalisasi 44 Jembatan Lintas Publik Konsep Wajah Baru Ibukota

Jakarta, sketsindonews – Sudin Bina Marga Kota Jakarta Pusat lakukan revitalisasi jembatan lintas publik dengan konsep warna – warni, Kamis (18/3/21).

Tak dipungkiri konsep ini merupakan program Gubernur DKI Anies Baswedan dalam upaya merubah penataan estetika di pusat Kota dan lingkungan pemukiman.

“Sebanyak 44 sudah kami laksanakan revitalisasi (perbaikan) dalam rangka memberikan pelayanan lintas publik pengendara lebih terkesan indah, selain tingkat keamanan kontruksi dipastikan aman,” ungkap Kasudin Bina Marga Rakim Sastranegara.

Menurutnya, fungsi jembatan selain pertimbangan kontruksi beban, maka perlu adanya rekontruksi untuk diperbaiki agar lebih punya nilai bobot “safety” tidak keropos dan rentan getaran.

“Ini bukan hanya semata pula estitika warna melainkan pertimbangan tingkat keamanan menjadi utama dalam memberikan lintas kendaraan lalu lalang publik merasakan perubahan secara bobot dan kapasitas,” jelasnya.

Lapisan setiap railing jembatan, beton pinggiran kita lakukan bahan tidak mudah korosi oleh iklim baik panas dan hujan.

Terkait warna juga bisa menjadi arti dari 3 (tiga) warna yang ditampilan setiap jembatan khusus warna kuning itu adalah simbol kebanggaan pasukan kuning Satgas Bina Marga.

“Begitu pula warna lain abu – abu, hitam merupakan warna standar BM Ditjend Bina Marga. Selain itu, yang lebih penting adalah mencegah lapuk nya beton, menjaga korosi baja tulangan dan railing besi,” ini lebih di utamakan,” papar Rakim.

Kepala Seksi (Kasie) Jalan dan Jembatan Sudin BM Jakarta Pusat, Yudha Catur Suhartanto menambahkan, perbaikan jembatan di mulai pada awal bulan Januari 2021 dengan 44 jembatan telah selesai diperbaiki.

“Dalam pekerjaan pengecatan dan perbaikan kontruksi masing-masing satu jembatan dikerahkan 6 dan 10 Satgas pasukan kuning tergantung lebar bentangan jembatan,” ujarnya.

“Pengecatan warna tersebut, setengah hari atau paling lama satu hari tuntas tergantung ukuran bentangan lebar jembatan. Dari jumlah 44 jembatan di wilayah Jakarta Pusat terbanyak berada di Kecamatan Menteng sebanyak 12 buah jembatan”, tutup Yudha.

(Nanorame)

Check Also

Kolonel Esra K. Sembiring, Diantara Pilihan Pengabdian

Jakarta, sketsindonews – Ia merupakan pria dari Pematang Siantar (Sumatra Utara) kelahiran Desember 1970. Kolonel …

Watch Dragon ball super