Home / Artikel / Bos IMF Madame Largade Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Bos IMF Madame Largade Puji Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Jakarta, sketsindonews – Selama kunjungan Bos IMF Cristine Largade di Indonesia beberapa hari yang lalu dengan melihat langsung kondisi ekonomi Indonesia membuat dirinya sangat memuji, setelah Largade melihat sentra ekonomi, bisnis dan infrastruktur.

Kami melihat Indonesia tumbuh apa yang sudah dilakukan Pemerintah RI dibawah kepimpinan Presiden Jokowi dalam melaksanakan kebijakan ekonominya.

Ditengah tekanan global yang bergejolak di dunia membuat berbagai pihak berupaya menstabilkannya. Terlepas dari itu, Indonesia dinilai mampu bertahan di tengah situasi ekonomi global tak kondusif atas raihannya setelah lebih dari dua dekade, ujar Direktur Pelaksana International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde.

“Indonesia harus bangga dengan pencapaiannya, yang telah menurunkan angka kemiskinan sebesar 40 persen,” ujar dia dalam acara konferensi internasional tingkat tinggi (High Level Internasional Conference) bertemakan “Models ini a Changing Global Landscape” di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (27/2).

Lebih lanjut, ia mengapresiasi upaya Pemerintah Indonesia yang berhasil meningkatkan ekspektasi hidup masyarakatnya sebesar 6 persen.

Selain itu, jumlah orang yang mencapai ke pendidikan ketiga yang naik drastis sebanyak 250 persen juga tak luput dari perhatiannya.

Terkait pertumbuhan ekonomi skala global, Lagarde memproyeksikan itu akan tumbuh stabil di angka 3,9 persen sepanjang 2018. Ia prediksi ekonomi Indonesia meningkat 5,3 persen pada tahun ini, sedikit di bawah target pemerintah yaitu 5,4 persen.

Satu hal yang juga dia soroti adalah investasi yang begitu besar dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia untuk proyek infrastruktur. Menurut dia, itu akan sangat berguna ke depan untuk menggerakkan ekonomi negara.

“Investasi pada infrastruktur sangat penting untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi ke depannya, meskipun pengeluarannya saat ini juga besar,” ujar dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Managing Director International Monetary Fund (IMF) Christine Lagarde berkunjung alias blusukan ke Pasar Tanah Abang, Jakarta, pada Senin 26 Februari 2018 siang ini.

Sementara itu, Lagarde mengaku kagum dengan geliat dan aktivitas perdagangan pasar Tanah Abang saat di temani  Presiden Jokowi.

Bahkan, menurut dia, aktivitas di pasar ini menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Indonesia.

“Saya kagum karena kekuatan industri tekstil, dan wanita yang bekerja di pasar ini, ini menunjukkan semangat dari ekonomi Indonesia,” jelas dia.

Pastinya, ini bukan pertama kali Jokowi mengajak tamu negara blusukan ke pasar. Sebelumnya, Jokowi pernah mengajak Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull dan Presiden Republik Filipina ‎Rodrigo Roa Duterte blusukan ke Pasar Tanah Abang. (**)

Check Also

PKL Samping Polsek Kemayoran Muncul Lagi, Ada Apa Ini…

Jakarta, sketsindonews – Kembali PKL gerobak (mobile) samping Kantor Polsek Kemayoran marak kembali, apa pasalnya …

Watch Dragon ball super