Back

Media Terpercaya

BPJS Berikan Relaksasi Kondisi Pandemi Bagi Peserta JKN

Jakarta, sketsindonews – Salah satu bentuk komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dimasa Pandemi Covid-19 adalah memberikan kebijakan relaksasi “Super Praktis” kepada peserta.

“Program Super Praktis bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta Bukan Pekerja (BP) mulai diberlakukan hingga 22 Mei – 31 Agustus 2020 untuk bisa turun kelas dengan syarat tunggakan 6 bulan selama setahun dengan proses mendaftar,” ujar Novi Andriani Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat kepada awak media, Kamis (23/7/20).

Dijelaskan Novi, khusus untuk turun di kelas ini langsung bisa dinikmati oleh Peserta PBPU aktif dan belum membayar iuran bulan berjalan. Kemudian peserta PBPU status aktif sudah bayar iuran bulan berjalan dan peserta PBPU yang sebelumnya non aktif tapi baru saja melunasi tunggakan iuran sehingga statusnya aktif secara langsung saat pengurusan turun kelas.

“Untuk peserta yang melakukan turun kelas dibulan ini bisa dilakukan lewat aplikasi Mobile JKN,” ujarnya.

Novi mengatakan, bagi peserta yang hendak turun kelas wajib dilakukan oleh seluruh anggota dalam satu kartu keluarga (KK). 

“Yang penting kami berharap peserta JKN-KIS harus bijak dalam memilih kelas sesuai kondisi ekonominya, karena lebih baik turun kelas dengan status aktif dari pada menunggak dan statusnya pun non aktif, karena ini akan mempermudah pegurusan peserta alami sakit atau dirawat,” pungkas Novi.

(Nanorame)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.