Home / Artikel / BPSDM Menhub Bangun Kelengkapan Laboratorium dan Simulator

BPSDM Menhub Bangun Kelengkapan Laboratorium dan Simulator

Jakarta, sketsindonews – Pengadaan peralatan praktek pendidikan, BPSDM Kemenhub akan membangun dan melengkapi laboratorium serta simulator dalam menunjang pendidikan, seperti pengadaan peralatan Lab di bebetapa daerah, ujar Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Wahju Satrio Utomo. (7-03-2017)

Diantaranya, Simulator Aerodrome Control Tower di ATKP Medan, pengadaan peralatan Laboratorium.

Simulator Aerodrome Control Tower di ATKP Makassar, lalu pengadaan simulator diklat perhubungan laut dan peralatan laboratorium di BP2 Pelayaran Padang Pariaman, serta pengadaan Radar Arpa Simulator, ECDIS Simulator + Real ECDIS Trainee, GMDSS Simulator + Real GMDSS Trainee, dan Steering Gear Simulator di BP2 Pelayaran Minahasa Selatan.

Selain itu, sesuai arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kata Wahyu, kami menargetkan BPSDMP  untuk memberikan diklat kepada 1 juta orang selama tahun anggaran 2017-2018.

Sebanyak 100 ribu di antaranya merupakan diklat gratis bagi masyarakat di daerah berkesenjangan.

Oleh karena itu pada tahun 2017 ini BPSDM Kemenhub menyelenggrakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat atau Diklat Vokasi bidang Transportasi gratis bagi 48.335 peserta melalui 24 sekolah transportasi di lingkungan BPSDM.

Kegiatan Diklat Vokasi bidang Transportasi ini telah diikuti oleh sebanyak 4.786 orang diantaranya 2.506 orang telah selesai mengikuti diklat dan 2.280 orang sedang mengikuti kegiatan diklat, sehingga masih ada kesempatan bagi 43.549 orang untuk dapat mengikuti Diklat Vokasi bidang Transportasi gratis, paparnya.

Wahju Satrio Utomo kembali menyatakan, bahwa target pelaksanaan diklat vokasi gratis ini akan tercapai, namun perlu kerjasama dengan Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah. 

“Sekolah-sekolah kita bekerjasama dengan perguruan tinggi dan pemda untuk merekrut peserta, dan ini terus berkembang,” ujarnya.

redaksi

Check Also

HPN Jadi Wadah Berkumpul Sekaligus Silaturahmi Insan PERS Tanah Air

Jakarta, sketsindonews – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 turut dimeriahkan dengan Pameran Pers, Metaverse, …

Watch Dragon ball super