Home / Artikel / Bukber di Gereja Katolik Ignatius, Singkirkan Intoleransi

Bukber di Gereja Katolik Ignatius, Singkirkan Intoleransi

Jakarta, sketsindonews – Intoleransi terhadap kehidupan antar masyarakat dan bernegara di Indonesia faktanya dalam krisis kehidupan semakin meruncing oleh tindakan radikalisme, teror bahkan intimidasi antar masyarakat.

Bahkan tak segan Presiden Joko Widodo dalam kesempatan kunjungan kerja di daerah serta tokoh lintas agama selalu mengingatkan pentingnya toleransi agama untuk saling menjaga pluralime di bumi Indonesia dengan keragaman.

doc.sketsindonews.com

Pemerintah Kelurahan Menteng Jakarta Pusat dalam pelaksanaan “bukber” dilanjutkan “sholat berjamaah” bersama di sebuah Gereja Katolik Ignatius Loyola jalan Latu harhary menunjukkan upaya antisipasi konflik horizontal antar umat beragama di bulan Ramadhan, Jumat (16/6)

Menurut Lurah Menteng Agus Sulaeman, atas inisiatif pihak Gereja Katolik Ignatius, pelaksanaan ini jadi sebuah pembelajaran kehidupan berbangsa dan bernegara secara lokalitas.

Dia mengatakan, “Dampak dari pilikada DKI hingga saat ini ujaran kebencian terus melebar yang bisa membelah rasa persatuan kesatuan termasuk ideologi Pancasila yang menjadi Dasar Negara.”

“Namun dengan giat ini kami menunjukan bahwa Intoleransi akan terkubur oleh individu wawasan kebangsaan yang tinggi dari warga Menteng,” jelas Agus Sule.

Sementara Camat Menteng Paris Lembong yang ikut hadir menyatakan, apresiasi yang setingginya terhadap hubungan toleransi di wilayahnya, terutama pihak Gereja Katolik Ignatius Loyola yang menjadi pelopor menjaga nilai – nilai persaudaraan antar umat di disaat momentum Ramadhan.

“Ini merupakan pembelajaran bagi Kita semua untuk melihat kedepan bangsa yang semakin terkikis oleh upaya intoleransi oleh sebuah kesenjangan pemikiran Nasionalis,” ucapnya.

“Hanya dengan cara berdampingan secara baik hubungan antar masyarakat maka Jakarta Pusat akan menjadi contoh dalam kehidupan di DKI Jakarta yang beragam dalam segala aspek,” tutup Lembong.

Dalam acara ini selanjutnya, pada tanggal 17 Juni 2017 pihak Gereja juga akan membagikan paket sembako sebanyak 2.000 pcs bagi warga tak mampu di Kelurahan Menteng jelang Idul Fitri 1438 H.

 

Reporter : Nanorame

Check Also

Ingub No.10 Tahun 2016 Percepatan Johar Baru Hanya Menguntungkan Pihak Ketiga

Jakarta, sketsindonews – Anggota DPRD DKI Jakarta sekaligus politisi partai Hanura Veri Yonevil saat menyinggung …

Watch Dragon ball super