Home / Artikel / Camat Cempaka Putih : Operasi Menu Takjil Masih Ada Mengandung Pengawet

Camat Cempaka Putih : Operasi Menu Takjil Masih Ada Mengandung Pengawet

Jakarta, sketsindonews – Makanan menu berbuka puasa yang disebut “Takjil” di bulan Ramadhan tentunya menjadi menu favorite selain menjadi pilihan utama masyarakat.

Tahukah kamu, bahwa menu Takjil juga menjadi sangat berbahaya jika masyarakat tak cerdas dalam memilah pembuatan “Takjil” yang mengandung zat berbahaya dikonsumsi oleh tubuh.

Pemerintah Kecamatan Cempaka Putih yang bekerja sama dengan puskesmas mengadakan sidak bahan takjil di pasar Rawasari dari sejumlah pedagang, tadi siang (2/6)

Menurut Camat Cempaka Putih Andri Ferdian mangatakan, dari sejumlah makanan takjil kita lakukan pemeriksaan uji petik (sampling) bersama petugas Puskesmas Kecamatan, dengan cara test uji pemeriksaan di laboratorium, ujarnya.

Dari 9 sampling jenis makanan saji kita pilah mana mengandung unsur formalin, borax serta rodamin dari diantaranya ; cene manis, kerupuk mie, pacar cina, mie goreng baso, kolang kaling, batagor, otak – otak, mie kuning, kulit pangsit goreng, dan baso.

Setelah pemeriksaan kata Andri, bahwa dari saling makanan yang diambil pada pukul 15.30 WIB setelah di uji di lab, maka otak-otak, mie kuning dan kulit pangsit mengandung bahan pengawet Formalin.

Sedangkan yang mengandung pengawet Borax (kerupuk, pacar cina) sedangkan maizena mutiara dan pacar cina mengandung zat Rodamin, ucapnya.

Harapannya dengan pemeriksaan ini kami juga mengingatkan para pedagang untuk tidak melakukan pembuatan menu takjil dengan penggunaan pengawet yang berbahaya bagi tubuh manusia.

Selain pula warga masyarakat dalam berbuka juga untuk lebih hati memilih makanan berbuka yang lebih sehat, hyginies yang aman dikonsumsi, tutup Andri.

reporter : nanorame

Check Also

Siapa Bertanggung Jawab PKL Istiqlal Yang Menjadi Kawasan Ambalat

Jakarta, sketsindonews – Pelimpahan pedagamg PKL Monas yang tumpah di jalan Veteran (Masjid Istiqlal) terus …

Watch Dragon ball super