Home / Lifestyle / Kesehatan / Cara Alami Menyembuhkan Kutu Air

Cara Alami Menyembuhkan Kutu Air

sketsindonews – Kuman seperti jamur sudah tak lazim menempel di kulit manusia, seperti kutu air yang merupakan infeksi kulit berupa gatal-gatal yang disertai kulit memerah.

Kutu air disebabkan oleh lingkungan yang yang lembab seperti memakai kaos kaki dan sepatu lembab dan pengap.

Menurut apoteker Ihwan bahwa kutu air disebabkan oleh jamur yang dalam bahasa medis, penyakit ini disebut Tinea pedis.

Berbagai jenis jamur seperti spesies Trichophyton, Epidermophyton, dan Microsporum paling sering ditemui. “Penyakit ini terjadi di sela-sela jari kaki, namun bisa juga terjadi kutu air di telapak kaki bahkan tangan,” jelasnya.

Saya juga pernah mengalami kutu air di bagian jari kaki. Dimana rasa gatal membuat saya tak berhenti untuk mengaruk dan malah membuatnya melebar.

Salah satunya dikarenakan saya memakai sepatu lembab yang terkena hujan. Akhirnya saya coba membeli obat di apotek dan bahan alami anjuran kerabat saya.

“Kalau saya pakai air garam dan diusahakan tidak memakai sesuatau yang pengap seperti sepatu, tidak memakan waktu saya bisa sembuh,” tutur Syifa mahasiswa UIN Jakarta yang pernah mengalami kutu air.

Seperti yang dilansir oleh hallosehat.com, cara alami yang jitu menghilangkan kutu air pada kulit yang rawan terjangkit diantanya :

1. Garam Dapur
Garam dapur merupakan bahan alami pertama yang bisa digunakan untuk mengobati kutu air.

Anda cukup merendam kaki yang terkena kutu air menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan garam.

Rendam kaki selama 20 menit dan lakukan metode ini rutin setiap hari. Garam merupakan antiseptik alami yang berguna untuk membunuh jamur-jamur penyebab kutu air yang menempel pada kulit.

2. Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh
Minyak pohon teh mengandung berbagai macam bahan alami untuk menyembuhkan kutu air. Minyak pohon teh ini tidak hanya berguna untuk menyembuhkan kutu air.

Cara penyembuhannya Anda cukup mengoleskan minyak pohon teh ke area kulit yang terkena kutu air. Lakukan metode ini rutin 3 kali setiap harinya.

3. Soda Kue
Soda kue juga kaya akan kandungan antiseptik yang efektif untuk membunuh kuman atau jamur penyebab kutu air.

Untuk mengobati kutu air, Anda cukup merendam kaki yang terkena kutu air ke dalam air hangat yang telah dicampurkan dengan soda kue selama 20 menit. Lakukan metode ini dengan rutin.

4. Bawang Putih
Bawang putih merupakan bahan herbal yang mengandung banyak nutrisi seperti minyak atsiri dan allicin.

Untuk cara mengobati kutu air, Anda cukup menumbuk satu siung bawang putih kemudian menempelkannya di kulit kaki yang terkena kutu air.

Anda bisa membalutnya menggunakan kain atau perban sehingga tumbukan bawang putih bisa menempel di kulit dalam waktu yang lama.

Biarkan tumbukan bawang putih tersebut menempel di kulit Anda selama 6 jam. Lakukan metode yang sama setiap 6 jam sekali.

5. Singkong
Singkong merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat yang tidak hanya enak dimakan tetapi juga efektif untuk mengobati penyakit kutu air Anda.

Sianida di dalam singkong ternyata justru bermanfaat untuk membunuh jamur-jamur penyebab kutu air di kulit Anda.

Untuk mengatasi kutu air, Anda cukup menempelkan daging singkong yang telah dihaluskan di kulit yang terinfeksi kutu air.

Biarkan hingga mengering sehingga kandungan sianida di dalam singkong benar-benar efektif untuk membunuh jamur. Setelah kering, basuh menggunakan air dingin lakukan dengan rutin.

(Jamilah)

Check Also

Kasus Narkoba, Putri Elvy Sukaesih Diputus 1.5 Tahun Rehabilitasi

Jakarta, sketsindonews – Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) kembali menggelar sidang pidana kasus narkoba …

Watch Dragon ball super