Home / Lifestyle / Kesehatan / Cegah DBD, Dinkes Tangsel Gencarkan PHBS
Kepala Dinkes Tangsel, dr. Allin Hendalin Mahdaniar

Cegah DBD, Dinkes Tangsel Gencarkan PHBS

Tangsel, sketsindonews – Cegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Tangsel, dr. Allin Hendalin Mahdaniar mengatakan, masyarakat harus mengingat 3M Plus lantaran saat ini curah hujan yang cukup tinggi di Kota Tangsel.

“Tetap harus kita waspadai apalagi curah hujan sedang tinggi. Jangan sampai tempat-tempat penampungan menjadi sarang nyamuk. Ingat 3M (menguras menutup, mendaur ulang serta menghindari gigitan nyamuk),” katanya di Kantor Dinkes Tangsel, Rabu, (7/12/22).

Selain terus menggalakkan program Jumantik, Dinkes Tangsel juga mengingatkan agar masyarakat agar mandiri dalam menjaga lingkungan dan memantau sumber jentik. “Jangan hanya mengandalkan kader Jumantik,” kata dr. Allin Hendalin Mahdaniar.

“Pokoknya program kita gencarkan. Karena memang pada dasarnya harus ada itu. Kader Jumantik juga terus melakukan pemeriksaan-pemeriksaan di rumah warga. Sekarang ini semua tidak bisa tergantung pada kader. Setiap keluarga harus ada satu pemantau jentik, harus memberdayakan dalam 1 keluarga,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit pada Dinas Kesehatan Kota Tangsel, dr. Adhy Purnawan menambahkan, peralihan cuaca dari panas ke hujan kerap dibarengi dengan perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan penyakit DBD.

Salah satu pencegahannya, katanya, dengan mengatur Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat diharapkan bisa menekan penyebaran nyamuk pembawa virus DBD tersebut.

“PHBS di rumah, semua warga harus jadi kader jumantik masing-masing di rumahnya agar terhindar dari DBD,” pungkasnya.

(Eky)

Check Also

10 Ribu Bibit Tanaman Buat Warga Jakarta, Kostrad Gandeng Pemprov DKI

Jakarta, sketsindonews – Kostrad bersama Pemprov DKI Jakarta menyerahkan 10.000 bibit tanaman untuk masyarakat DKI …

Watch Dragon ball super