Home / Artikel / Dana Hibah Karang Taruna Ngucur Entah Kemana

Dana Hibah Karang Taruna Ngucur Entah Kemana

Jakarta, sketsindonews – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial telah memberikan dana hibah bantuan tahun 2017 untuk pemberdayaan organisasian Karang Taruna dan KUBE (Kelompok Usaha Bersama Ekonomi) yang mencapai milyaran rupiah terhadap 265 Kelurahan dan 42 Kecamatan se DKI Jakarta.

Dana hibah yang katanya telah sampai direkening Karang Taruna hingga saat ini belum termonitor, banyak Lurah Camat tidak tahu menahu dana ini dalam penyelengaraan kucuran dana, karena mekanisme belum dapat laporan dari pihak penerima dana hibah yang ada diwilayahnya.

Menurut sumber yang dihimpun sketsindonews.com dana ini sudah dikucurkan melalui Karang Taruna DKI Jakarta terhadap beberapa Karang Taruna yang ada sebagai dana pemanfaatan bagi kegiatan kelembagaan dan ekonomi kolektif di wilayah setiap Kelurahan.

Dalam keterangan Kepala Sudin Sosial Kota Jakarta Pusat Susana Budi Susilowati ketika dikonfirmasi usai rapim menyatakan bahwa hingga saat ini pihaknya belum bisa memerinci dana hibah itu. “Siapa yang sudah diterima, pasalnya kami belum mendapatkan informasi data yang ada untuk kami kami ketahui,” tukasnya.

Dia menambahkan, “Bisanya bantuan hibah ini akan berlanjut pada bulan Oktober dalam pertahunnya, saya masih menggali dari pihak Dinas Sosial Provinsi DKI.”

Pihaknya, nanti akan menjadi pengawas saja pemanfaatan dana itu selayaknya ada sebuah mekanisme pertanggungan jawab ihwal dana hibah yang diterima masing – masing menerima 10 juta rupiah untuk tingkat Kecamatan, 20 juta rupiah untuk tingkat Kelurahan serta tingkat Kota mendapatkan dana pembinaan 74 juta rupiah.

Sementara Ketua Karang Taruna DKI Jakarta Siti Jauzah sebagai penanggung jawab dana hibah dalam pengelolaan hingga saat ini diminta keterangan tak bisa merinci bahkan menjawab sejak kapan dana hibah ini diturunkan diterima Karang Taruna Kelurahan.

Nampaknya, Siti enggan memberikan keterangan karena tak punya data kucuran dana hibah yang sudah disalurkan melalui Dinas Sosial kepada lembaga Karang Taruna DKI Jakarta.

Direktur Executives Lembaga Pemantau Penyimpangan Aparatur Daerah (LP2AD) Victor Irianto Napitupulu mengatakan, dana yang yang sudah dikucurkan sebagai hibah dari pemprov DKI hingga kini tak jelas dalam monitoringnya terhadap beberapa lembaga LSM, termasuk Karang Taruna.

Apalagi hingga sampai kerekening masing – masing, sementara Lurah diminta untuk bagaimana memonitor Karang Taruna mana yang aktif, tapi kalo ini secara “by pass” mana ada Lurah mau bertanggung jawab atas hal pemanfaatan ini, tukasnya

Lurah itu tahu mana yang aktif dan secara administratif bahkan tahu terhadap Karang Taruna yang bermasalah. Inikan perlu adanya penyelesaian organisasi struktur yang jelas, sehingga dana ini benar bermanfaat serta punya out come saat mereka benar menerima dalam penyelenggaraan kegiatan kemitraan dengan pemerintah.

Tambah Victor, jangan dana hibah ini sebagai hadiah seperti “door price” atau pemprov memang sengaja “sebar duit”, biar bagaimanapun ini usulan dari bawah langsung ke Dinas Sosial tanpa mekanisme Tingkat Kota sehingga pengawasan tak jelas dari dana yang di kucurkan, tutup Victor.

Reporter : nanorame

Check Also

Harkitnas Ke-110, Indonesia Menuju Era Ke-Emasan

Malang, sketsindonews – Bertempat di Stadion Dirgantara Lanud Abd Saleh dilaksanakan upacara bendera dalam rangka …

Watch Dragon ball super