Home / Profile / Dankodiklatau: Yogyakarta Sumber Spirit Kejuangan TNI AU
Komandan Kodiklatau, Marsekal Muda Eko Supriyanto, SE, saat menyematkan tanda siswa kepada salah satu perwakilan siswa Sekkau angkatan 102 usai pembukaan pendidikan di AAU, Kamis (13/7).

Dankodiklatau: Yogyakarta Sumber Spirit Kejuangan TNI AU

Yogyakarta, sketsindonews – Setelah sekian lama pendidikan Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara (Sekkau) yang biasa dibuka di Ksatrian Sekkau, Halim Perdana Kusuma, Jakarta, kali ini berbeda karena dibuka di Yogyakarta yaitu di Akademi Angkatan Udara,. Upacara pembukaan dipimpin langsung oleh Komandan Kodiklatau, Marsekal Muda Eko Supriyanto, SE., MM. Kamis (13/7)

Menurutnya hal tersebut merupakan perintah langsung dari Kasau yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap mental Airmanship. Selain Yogyakarta merupakan tempat yang memiliki banyak nilai historis yang berkaitan dengan TNI AU, Juga untuk dapat menumbuhkan kembali  nilai-nilai dan spirit  kejuangan, sekaligus mengenang kembali para pejuang TNI AU.

Sekkau Angkatan 102 ini terdapat sedikit perbedaan dengan angkatan sebelumnya. Selama ini seleksi masuk Sekkau dilaksanakan di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta oleh Dinas Pendidikan TNI Angkatan Udara.

Casis yang dinyatakan lulus akan melaksanakan proses pendidikan di Lembaga Pendidikan Sekkau Jakarta.

Namun, untuk para perwira siswa Sekkau angkartan 102 ini, setelah diumumkan langsung mengikuti upacara pembukaan pendidikan dilanjutkan dengan masa orentasi lapangan yang dilaksanakan di kasatrian AAU dan sekitarnya selama kurang lebih satu minggu.

Adapun materi yang akan diberikan meliputi orientasi Mind Power dan Api Unggun., Orientasi Lingkungan Ke Lanud Adisutjipto, olah Raga bersama, berkunjung ke beberapa tempat diantaranya kunjungan ke Monumen PHB AURI, Museum Jendral Soedirman, Monumen Perjuangan TNI AU Ngoto dan Muspusdirla.

Usai melaksanakan kegiatan di Yogyakarta dilanjutkan dengan belajar mengajar materi kelas di kampus Sekkau Jakarta.

Sementara Komandan Kodiklatau, Marsekal Muda Eko Supriyanto, SE, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan serta wawasan di bidang Komando dan Staf pada tingkat pelaksana taktis kepada personel TNI Angkatan Udara yang berpangkat Kapten, “Juga agar cakap sebagai perwira untuk melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya,” ujarnya.

Upacara ditandai dengan pernyataan pembukaan pendidikan oleh Dankodiklatau, dan dilanjutkan dengan penyematan tanda siswa secara simbolis kepada perwakilan Pasis Sekkau yang telah ditunjuk. Pasis Sekkau Angkatan ke-102 yang berjumlah 100 orang tersebut selain dari Matra TNI AU, juga diikuti Matra lain yaitu 2 orang berasal dari TNI Angkatan Laut dan 2 orang dari TNI Angkatan Darat.

(Red)

Check Also

Calon Instruktur Penerbang Laksanakan Latihan Tebang Malam

Yogyakarta, sketsindonews – Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Tedi Rizalihadi, S,. M.M. Rabu (19/9), …

Watch Dragon ball super