Home / Berita / Danlanud Adisutjipto, Pengamanan Secara Komprehensif Jelang Natal Dan Tahun Baru

Danlanud Adisutjipto, Pengamanan Secara Komprehensif Jelang Natal Dan Tahun Baru

Yogyakarta, sketsindonews – Perayaan Natal dan tahun baru merupakan momentum penting setiap akhir tahun yang selalu diikuti dengan meningkatnya dinamika situasi Kamtibmas, sehingga memerlukan upaya dan langkah pengamanan secara komprehensif dari TNI dan Polri serta dukungan dari seluruh komponen masyarakat agar keamanan tetap terjaga.  Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru 2017, Lanud Adisutjipto bekerjasama dengan Aviation Security (Avsec) Bandara Adisutjipto akan mulai melakukan pengamanan dengan menggelar sweeping di area bandara, Kamis (22/12).

img-20161222-wa0083
Anggota satpomau dan intel lanud Adisutjipto saat mengadakan sweeping kepada setiap mobil yang keluar masuk bandara Adisutjipto, dengan anjing K9. (Dok. Pentak Lanud Adisutjipto)

Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Ir, Novyan Samyoga, M.M didampingi Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb. Indan Gilang Buldansyah, Dansatpomau Letkol Pom Yudy Pratikno, Kasi Intel Lanud Letkol Sus Imam Mahdiyawan, Kasi kamhanlan Letkol Pas Sumardi, menggelar jumpa pers terkait pengamanan natal dan tahun baru di area bandara Adisutjipto. Menurutnya sebagaimana Hari Raya Idil Fitri, perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan dalam berbagai kegiatan, sehingga kegiatan tersebut akan mempengaruhi mobilitas masyarakat dengan berbagai sarana angkutan baik darat, laut maupun udara terutama menjelang dan Pasca Natal 2016 dan tahun baru 2017, terutama fasilitas umum yaitu bandara.

“Situasi seperti ini dapat menimbulkan kerawanan terjadinya gangguan Kamtibmas,” Papar Novyan Samyoga.

Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M didampingi GM Bandara Adisutjipto Kolonel Pnb. Agus Pandu Purnama serta para pejabat Lanud Adisujipto saat jumpa terkait dengan kesiapan pengamanan Natal 2016 dan Tahun baru 2017, di Bandara Adisutjipto, Kamis (22/12). (Dok. Pentak lanud adisutjipto)
Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M didampingi GM Bandara Adisutjipto Kolonel Pnb. Agus Pandu Purnama serta para pejabat Lanud Adisujipto saat jumpa terkait dengan kesiapan pengamanan Natal 2016 dan Tahun baru 2017, di Bandara Adisutjipto, Kamis (22/12). (Dok. Pentak lanud adisutjipto)

Danlanud juga menambahkan bahwa pengamanan seperti tahun-tahun sebelumnya ditentukan oleh adanya kerjasama dan koordinasi yang baik antar satuan pelaksana pengamanan. Pelaksanakan kegiatan pengamanan ini tentunya juga dengan mengerahkan sejumlah personil yang dalam pelaksanaannya memerlukan kejelasan tugas dan tanggung jawab. Selain mengelar pasukan secara terbuka juga menyelenggarakan pengamanan tertutup yang salah satunya targetnya menyukseskan perayaan natal 2016 dan Tahun baru 2016.

“Pengamanan di bandara jelang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 akan dilaksankan secara terencana dan semaksimal mungkin,” tambahnya.

Komandan Satpomau, Letkol Pom Yudi Pratikno, menambahkan  bahwa dalam rangka pam terbuka jelang natal, Satpomau akan menyiagakan para personilnya yang dilengkapi dengan anjing K9. Lebih lanjut Dansatpom juga menjelaskan secara tehnis pelaksanaan pengamanan akhir tahun di sekitar bandara Adisutjipto, dengan harapan bisa bekerja secara maksimal dan profesional. Sehbingga target dan tujuan pengamanan bisa terwujud.

Saat dikonfirmasi, Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Giyanto, menyampaikan bahwa, pengamanan obyek vital dalam hal ini Bandara Adisutjipto, dengan cara sweeping selain menjadi tanggung jawab Lanud Adisutjipto.

“Yang lebih urgent adalah sebuah upaya untuk menetralisir terjadinya tindak kejahatan, baik dalam bentuk terorisme, sabotase, bom, serta kejahatan lainnya. Dengan cara inilah tentu akan berdampak positif terhadap keamanan bandara dan sekitarnya,” ungkap Mayor Sus Giyanto. (Kumara)

Check Also

Aliansi Mahasiswa Kaltim Meminta MA, Segera Tangkap Dan Tahan Jafar Abdul Gaffar

Jakarta, sketsindonews – Sebanyak 50 Mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Kalimantan Timur bersama Aktivis Jakarta, melakukan …

Watch Dragon ball super