Home / Berita / Metropolitan / DBHCHT Bidang Industri di Pamekasan Capai Rp 7,8 Miliar

DBHCHT Bidang Industri di Pamekasan Capai Rp 7,8 Miliar

Pamekasan, sketsindonews – Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) di bidang industri dan perdagangan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mencapai Rp 7,8 miliar. Selain diperuntukkan untuk kelompok industri, anggaran tersebut juga akan dibangun kawasan industri hasil tembakau (KIHT) di Desa Gugul, Kecamatan Tlanakan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Achmad Sjaifuddin mengatakan, KIHT tersebut direncanakan akan dibangun tahun ini. Berharap dari proyek ini, pemerintah dapat mengakses secara cepat kebutuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Achmad juga akan membina sejumlah kelompok lembaga industri. Pembinaan ini berbentuk sosialisasi perundang undangan soal Bea Cukai itu akan dilakukan kepada para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang bergerak di bidang industri rokok maupun makanan dan minuman.

“Sosialisasinya selama dua hari dan akan menyasar para IKM, IKM baik itu rokok maupun makan minuman. Materinya Perundangan tentang Bea Cukai atau ekspor barang impor juga bisa,” kata Achmad, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, peserta sosialisasi ini akan diambil sekitar 50 peserta setiap hari. Dan sosialisasi tersebut akan dilakukan selama dua hari. Sementara pemateri yang akan dihadirkan dalam sosialisasi ini berasal dari pihak Bea Cukai, dan Bagian Perekonomian Setdakab Pamekasan.

Achmad menegaskan, kegiatan pembinaan terhadap IKM pernah dilakukan pada tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, pembinaan akan diutamakan pada sejumlah IKM yang masih belum tersentuh sosialisasi sama sekali.

“Maksudnya dari rencana 100 IKM yang akan ikut nanti 50 persen dari IKM baru dan sisanya dari IKM yang lama. Tujuannya sosialisasi ini agar IKM rokok baru berusaha memenuhi persyaratannya secara lengkap,” imbuhnya.

(nru/skt)

Check Also

Legalitas bright PLN Batam Dalam Membangun Objek Vital Nasional

Batam, sketsindonews – bright PLN Batam terus berupaya meningkatkan keandalan sistem kelistrikan melalui percepatan pembangunan …

Watch Dragon ball super