Home / Berita / Di Terpa Isu HTI dan ISIS Direktur Pemeliharaan PT PAL Mundur

Di Terpa Isu HTI dan ISIS Direktur Pemeliharaan PT PAL Mundur

Jakarta, sketsindonews – Akibat terpaan isu terlibat HTI serta keterlibatan di ISIS salah satu Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan PT PAL Indonesia (Persero) Kuntjoro Pinardi memutuskan untuk mundur dari jabatannya per hari Senin (26/4/21), padahal dirinya baru menjabat beberapa hari setelah diangkat untuk menjadi satu posisi Direktur di PT. PAL Indonesia.

Keputusan itu diambil hanya lima hari usai terbitnya Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT PAL Indonesia (Persero).

“Iya mas awalnya ada yang tanya-tanya terus tentang status saya di PKS, HTI, dan ISIS. Maka saya jawab tertulis dan akan lebih baik kalau saya mundur,” ujar Kuntjoro di lansir CNBC Indonesia.

Ia pun menyatakan desas-desus yang beredar di media sosial terus menghujat dirinya, itu tidak benar. Keputusan pengunduran diri ini, menurut Kuntjoro, demi kebaikan program pembangunan Presiden Joko Widodo dan keberlangsungan usaha PT PAL.

“Saya mengundurkan diri atas inisiatif sendiri tanpa paksaan. Semoga PT PAL lebih maju,” dalam alasan singkatnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN mengadakan perombakan pada susunan dan perubahan nomenklatur jabatan direksi PT PAL Indonesia (Persero). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-123/MBU/04/2021 tanggal 21 April 2021.

“Jadi kepada Bapak Budiman Saleh, Bapak Sutrisno dan Bapak Turitan Indaryo Kami sampaikan ucapan terima kasih atas sumbangan pikiran dan tenaga selama menjabat sebagai direksi perseroan. Kami berharap dengan adanya penunjukan posisi direksi ini akan membuat PT PAL menjadi perusahaan berkelas dunia yang mampu bersaing di pasar global,” ujar Sekretaris Perusahaan PT PAL Rariya Budi Harta dalam rilisnya.

Dalam surat keputusan tersebut, Kementerian BUMN memutuskan untuk memberhentikan Direktur Utama Budiman Saleh. Disamping itu, Direktur Rekayasa Umum & Harkan Sutrisno beserta Direktur Pembangunan Kapal Turitan diberhentikan dengan hormat dengan periode masa tugas yang telah usai.

Dalam susunan jabatan PT. PAL Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang ditunjuk sebagai Direktur Utama melalui Surat Keputusan yang disampaikanyang Plh. Asisten Deputi Bidang Industri Pertahanan dan Manufaktur Abdi Mustakim. Penunjukan tersebut dilaksanakan secara daring dari Kantor Pusat Kementrian BUMN dan kantor pusat PT PAL di Surabaya.

Dalam sambutannya, Kaharuddin menyampaikan tantangan ke depan yang dihadapi PT PAL adalah kesiapan menyembut era industri 4.0. Ia berharap agar PT PAL dapat selalu membawa kontribusi yang terbaik kepada negara

Kementerian BUMN juga memutuskan untuk mengubah nomenklatur jabatan Direktur Rekayasa Umum, Pemeliharaan, dan Perbaikan menjadi Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan yang kini dijabat oleh Kuntjoro Pinardi. Sementara itu, nomenklatur Direktur Pembangunan Kapal diubah menjadi Direktur Produksi yang kini dijabat Iqbal Fikri.

“Atas nama keluarga besar PT PAL, Kami mengucapkan terima kasih kepada Dewan Direksi yang telah menjabat atas dedikasi untuk memberikan kontribusi dan integritas yang tinggi sehingga dapat membawa perusahaan trend positif selama tiga tahun belakangan,” ujar Rariya.

Susunan Dewan Direksi PT PAL per tanggal 21 April 2021 adalah sebagai berikut:

Kaharuddin Djenod Daeng Manyambeang : Direktur Utama

Kuntjoro Pinardi : Direktur Pemeliharaan dan Perbaikan

Iqbal Fikri : Direktur Produksi

Irianto : Direktur Keuangan

Etty Soewardani : Direktur SDM & Umum

(Nanorame)

Check Also

H-1 Lebaran, Ketua DPR Pantau Bandara Soetta

Jakarta, sketsindonews – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) Puan Maharani beserta jajaran memantau …

Watch Dragon ball super