Home / Berita / Diduga Giring Kasus, Masa Minta Hakim Segera Diganti

Diduga Giring Kasus, Masa Minta Hakim Segera Diganti

Jakarta, sketsindonews – Puluhan masa yang merupakan perwakilan Forum Masyarakat Indonesia Peduli Pendidikan dan Barisan Merah Putih, Senin Pagi (23/4) gelar aksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim).

Dalam aksi tersebut, mereka meminta agar Ketua Mejelis Hakim, Antonius Simbolon yang memimpin sidang kasus Ijazah palsu Sekolah Tinggi Teologia Injili Arastamar (STT Setia) segera diganti.

“Ganti Hakim Simbolon, tidak mungkin hakim Simbolon memenjarakan terdakwa Simbolon,” tulis masa aksi dalam spanduk yang dibentangkan.

Dalam spanduk lain juga dituliskan permintaan agar terdakwa yang merupakan Direktur dan Rektor STT Setia segera ditahan rutan. “Segera tahan terdakwa no perkara 100/PIDSUS/2018/JKTM di tahanan rutan,” tulisnya.

Serta tertuliskan juga, “Penjarakan mafia pendidikan.”

Dalam orasinya, Yusuf Abraham Selly menegaskan bahwa Hakim Antonius Simbolon harus segera diganti, karena diduga telah mencoba menggiring para saksi untuk keluar dari kasus sebenarnya.

“Kita saksikan hakim menggiring para saksi untuk keluar dati konteks, ada upaya menggiring ke masalah aset, tidak ada itu, yang ada adalah soal ijazah palsu,” tegasnya.

Lebih lanjut, Yusuf juga meminta agar kedua terdakwa Yakni Matheus Mangentang dan Ernawari Simbolon untuk segera ditahan.

“Segera kita mintakan kepada pengadilan untuk segera menahan terdakwa dengan tahan rutan,” ucapnya secara tegas.

Serta dia juga menegaskan bahwa dalam persidangan selanjutnya, pihaknya tidak ingin melihat Antonius Simbolon kembali memimpin sidang.

“Jika seandainya nanti ada hakim Simbolon memimpin, kita akan memboikot persidangan,” janjinya.

Pada kesempatan tersebut, pihak kepolisian yang sejak awal menjaga jalannya aksi mencoba memfasilitasi dengan mempertemukan dengan Ketua PN Jaktim, yang akhirnya ditemui Humas PN Jaktim, Syafrudin Ainir Rafiek.

Dalam pertemuan tersebut disampaikan bahwa Ketua Pengadilan sedang berada di Pengadilan Tinggi (PT) untuk membahas terkait permintaan korban.

“Saat ini sedang di PT untuk bahas ini (Pergantian Hakim, red), kita tunggu aja,” singkatnya.

(Eky)

Check Also

Masyarakat Jakarta Bisa Buat Izin di Jakarta Fair 2018

Jakarta, sketsindonews – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, …

Watch Dragon ball super