Home / Berita / Dijerat Kasus Ujaran Kebencian, Jonru: Sebetulnya Itu Adalah Kritik
Jonru Ginting. (Dok. Tribunnews)

Dijerat Kasus Ujaran Kebencian, Jonru: Sebetulnya Itu Adalah Kritik

Jakarta, sketsindonews – Kasus ujaran kebencian yang menjerat Jon Riah Ukur Ginting atau Jonru Ginting kembali digelar dengan agenda mendengar keterangan Terdakwa, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa (13/2).

Dalam sidang yang dipimpin oleh Antonius Simbolon sebagai Ketua Majelis Hakim, diketahui bahwa ujaran yang Jonru yang dilaporkan tersebut diposting pada Fans Page ‘Jonru Ginting’ sekitar bulan Mei hingga Agustus 2017.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah Postingan Jonru yang diduga menyerang Prof. Quraish Shihab seorang cendekiawan muslim dalam ilmu-ilmu Al Qur’an dan mantan Menteri Agama pada Kabinet Pembangunan VII.

“Shalat Idul Fitri Tahun ini, mari LUPAKAN Istiqlal. Masih banyak masjid lain. Carilah masjid yang khatib Shalat Id-nya beraqidah lurus, Ahlussunnah wal Jamaah. Masa kita harus mendengar ceramah dari orang yang tidak mewajibkan jilbab bagi muslimah, berpendapat Rasulullah tidak dijamin masuk surga, dan pembela Karbala?,” tulis Jonru dalam Fans Pagenya, Juni 2017 lalu.

Menurut Jonru, postingan tersebut dibuat sebagai bentuk kritik terhadap pemerintah yang menunjuk Prof. Quraish Shihab sebagai Khotib di Masjid Istiqlal.

“Reaksi saya terhadap keputusan pemerintah yang menunjuk beliau sebagai khotib di Istiqlal,” jelasnya dihadapan Majelis Hakim.

“Sebetulnya itu adalah kritik,” tambahnya.

Sebagai informasi, untuk kasus ini Jonru Ginting dijerat Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) dan atau Pasal 35 Jo Pasal 51 UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang ITE dan atau Pasal 4 huruf (b) angka (1) jo Pasal 16 UU RI Nomor 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis dan atau Pasal 156 KUHP tentang Penginaan Terhada Suatu Golongan.

(Eky)

Check Also

Viral !!!, Ibu Siksa Anak Batita, Ini Kata Erlinda

Jakarta, sketsindonews – Ketua Indonesia Child Protection Watch, Erlinda angkat bicara terkait video yang memperlihatkan perlakuan …

Watch Dragon ball super