Home / Artikel / Dipanggil Untuk Menjadi Berkat
Ilustrasi

Dipanggil Untuk Menjadi Berkat

Kejadian 12:1-9

Renungan – Janji Tuhan adalah ya dan amin, tidak ada yang tidak ditepatiNya. Tuhan tidak hanya berjanji akan memberkati Abraham secara melimpah, tapi juga berjanji hendak menjadikannya berkat bagi bangsa-bangsa, dan janji itu pun tergenapi.

Panggilan terhadap Abraham merupakan langkah awal yang dikerjakan Tuhan untuk menggenapi maksud dan rencanaNya menyelamatkan umatNya.

Adapun panggilan Tuhan terhadap Abraham ini tidak hanya terdiri atas berbagai janji berkat, tetapi juga terdiri atas tugas dan kewajiban.

Tuhan menghendaki Abraham hidup taat, berjalan menurut jalan-jalannya agar ia memperoleh apa yang dijanjikan Tuhan kepadanya. Ketika Tuhan berjanji bahwa ia akan menjadi bangsa yang besar, sekalipun realisasi dari janji-janji tersebut nampak mustahil secara akal manusia, Abraham tetap percaya.

“…TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: ‘Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya.’ Maka firman-Nya kepadanya: ‘Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu.’ Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.” (Kejadian 15:5-6).

Janji Tuhan pun digenapiNya, bahkan berkatNya bukan hanya berlaku bagi keturunan Abraham secara lahiriah saja, namun juga bagi semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Kita, sekarang hidup di tengah bangsa beragama. Kita sendiri, umat Kristen percaya pada satu Allah saja.

Tapi, apakah kita terus berjalan lurus seperti Abraham dan terus menerus berusaha menemukan iman kita? Atau, malah berhenti di tengah jalan seperti Terah, dihadang ketakutan luar biasa di masa depan, dan mulai ada keraguan?

Tanpa keberanian plus sedikit rasa penasaran seperti Abraham, tidak mungkin kita bisa menggenapi janji Allah mencapai Kanaan. Tidak mungkin bisa rela menuruti Suara itu berjalan di dunia yang luas dan penuh kejutan.

Meski, ada janji Allah: bahwa keturunan Abraham akan diberkati Allah luar biasa: jika terus mencari Allah dan bergumul dalam iman. Amin

(Renungan HKBP Ujung Menteng)

Check Also

Calon Kuat Peganti Sandiaga, M Taufik Menguat Sebagai Wagub DKI

Jakarta, sketsindonews – Para Aktifis Jakarta telah menduga pertarungan di DPRD DKI peganti Wagub Sandiaga …

Watch Dragon ball super