Home / Artikel / DIRDIK AAU Pimpin Upacara Pembukaan dan Pemberangkatan Latihan BHUWANA PAKSA TARUNA Tingkat lll W-2016

DIRDIK AAU Pimpin Upacara Pembukaan dan Pemberangkatan Latihan BHUWANA PAKSA TARUNA Tingkat lll W-2016

Yogyakarta, sketsindonews – Direktur Pendidikan Akademi Angkatan Udara Kolonel Penerbang Arif Widianto, S.AB.,M.Tr.(Han) memimpin upacara pembukaan dan pemberangkatan latihan Bhuwana Paksa bagi Taruna Tingkat lll Werving 2016, Senin 11-3- 2019 bertempat di lapangan Dirgantara AAU.

Latihan Bhuwana Paksa merupakan kegiatan kurikuler sebagai aplikasi lapangan dari mata kuliah pertahanan pangkalan yang di peroleh sebelumnya oleh para Taruna melalui teori di kelas.

Sebanyak 108 Taruna Akademi Angkatan Udara Tingkat lll W-2016 yang terdiri dari 98 Taruna Putra dan 10 Taruna Putri serta 19 Instruktur dan 67 pendukung tersebut akan di pimpin langsung oleh Kadep Matra AAU Kolonel Penerbang Rony Widodo, S.T, M.M. 

Kegiatan ini akan berlangsung selama 6 hari sejak tanggal 13 sd 18 Maret 2019 di Lapangan Udara TNI AU Gading, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta dan telah di awali dengan gelar perlengkapan dan pembekalan pada tanggal 6 Maret 2019 yang di pimpin langsung oleh Gubernur AAU.

Gubernur Akademi Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, S.E, M.M dalam sambutannya yang di bacakan Dirdik AAU Kolonel Penerbang Arif Widianto, S.AB., M.Tr. (Han) mengatakan bahwa sebagaimana telah di tetapkan dalam kurikulum pendidikan AAU, setiap Taruna Tingkat lll wajib mengikuti latihan Bhuwana Paksa di samping latihan kematraan lainnya. 

“Latihan Bhuwana Paksa merupakan aplikasi lapangan dari materi pertahanan pangkalan yang telah Taruna peroleh sebelumnya dari teori di kelas. Latihan ini merupakan bagian dari operasi pertahanan udara pasif yang bertujuan memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman sekaligus pengenalan tentang manajemen operasional pertahanan pangkalan termasuk teknik dan taktik pertahanan di darat,” jelasnya.

Lebih lanjut Dirdik menyampaikan setiap bentuk latihan yang di berikan kepada Taruna pada hakikatnya baru merupakan pengetahuan awal yang nantinya harus terus di kembangkan hingga pada setiap pelaksanaan tugas di satuan. 

“Oleh karena itu saya berharap para Taruna dapat memanfaatkan kesempatan latihan ini dengan sungguh-sungguh, penuh semangat dan rasa tanggungjawab serta disiplin dalam mengukuti prosedur yang berlaku,” tandasnya.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Para Pejabat List A dan Para Pejabat terkait.

(Amin)

Check Also

Lurah Kwitang ; Menata Kampung Tematik Religi dan Penghijauan Pemukiman

Jakarta, sketsindonews – RTH Jalan Kramat II Kelurahan Kwitang Senen Jakarta Pusat meliputi RW 08, …

Watch Dragon ball super