Disebut Hanya Kejar Target, Ini 9 Kecelakaan Kerja Proyek Infrastuktur

oleh
oleh
banner 970x250

Jakarta, sketsindonews – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bereaksi dan mengutuk keras terkait insiden ambruknya tiang girder proyek Tol Becakayu di dekat Gerbang Tol Kebon Nanas, Jakarta Timur, yang mengakibatkan sejumlah orang mengalami luka parah dan kondisinya kritis. Terlebih lagi, kejadian proyek infrastruktur ambruk bukan kali ini saja terjadi.

“Saya menduga pembangunan infrastruktur Pemeritahan Joko Widodo – Jusuf Kalla hanya kejar target untuk pencitraan 2019, sehingga mengabaikan keselamatan dan keamanan,” ujar Presiden KSPI yang juga Presiden FSPMI Said Iqbal dalam keterangan tertulis, Selasa, (20/2).

banner 300x600

Oleh karena itu, Said Iqbal meminta seluruh pembangunan infrastruktur dihentikan dan dilakukan audit investigasi. Sebab kecelakaan seperti ini bukan hanya sekali ini saja terjadi.

Berdasarkan catatan KSPI, sejak akhir 2017 hingga awal 2018 ini, setidaknya sudah terjadi 9 kali kecelakaan kerja berupa proyek infrastruktur ambruk. Selama ini, kata Iqbal, tidak ada tindakan apapun dari pemerintah terhadap pengusaha dan pelaksana proyek untuk memberikan efek jera agar kecelakaan kerja itu tidak terulang kembali.

Oleh karenanya, selain meminta dilakukan audit investigasi, KSPI mendesak agar DPR RI membentuk Panitia Kerja (Panja) Infrastruktur untuk memeriksa Presiden dan Menteri terkait pelaksanaan proyek infrastruktur yang berkali-kali memakan korban itu.

“Belum dipakai saja sudah ambruk, bagaimana jika sudah jadi dan digunakan banyak orang?” Sesal Said Iqbal.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.