Home / Berita / Dokter Terawan Dipecat IDI, Wakil Presiden Minta Dikaji Ulang

Dokter Terawan Dipecat IDI, Wakil Presiden Minta Dikaji Ulang

Jakarta, sketsindonews – Terapi cuci otal dengan Digital Substraction Angiography (DSA) yang diterapkan oleh dokter Terawan oleh Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) dianggap sebagai pelanggaran etika kedokteran.

Hal itu juga berujung pada munculnya surat dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang memberhentikan sementara dokter sebagai anggota IDI berlaku selama 12 bulan, yaitu 26 Februari 2018-25 Februari 2019.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta keputusan pemberhentian sementara terhadap dokter Terawan yang merupakan Kepala RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dari keanggotaan IDI dikaji ulang.

Seperti dilansir oleh Kompas, Jumat (06/4) saat berada di Markas Palang Merah Indonesia, Jakarta Jusuf Kalla menyarankan agar permasalahan tersebut lebih baik diselesaikan di Internal IDI terlebih dahulu.

“Lebih baik (diselesaikan) di internal, dikaji (ulang) dengan baik,” kata Kalla yang juga mengakui pernah menjadi pasien Terawan.

Bahkan, menurutny ada juga menteri lain di kabinet yang menjadi pasien dokter ahli radiologi tersebut.

“Tadi kami rapat kabinet terbatas, ada 10 menteri. Saya tanya berapa yang (pernah) dirawat dokter Terawan. Dari 10 (menteri) itu, (ada) enam termasuk saya,” ungkapnya.

Dengan banyaknya orang yang mendapatkan manfaat dari terapi cuci otak untuk penyembuhan penyakit stroke yang dilakukan Terawan, Kalla kembali meminta agar keputusan IDI tersebut dikaji ulang.

“Saya kira lebih banyak sekali orang yang (dapat) manfaat. Pak Try (Sutrisno) itu termasuk orang yang dibantu oleh Pak Terawan,” terangnya.

Selain mendapat pemecatan sementara sebagai anggota IDI, rekomendasi izin praktek Terawan sosok yang mengenalkan metode “cuci otak” untuk mengatasi penyakit stroke ini juga di cabut.

(*)

Check Also

Masyarakat Jakarta Bisa Buat Izin di Jakarta Fair 2018

Jakarta, sketsindonews – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, …

Watch Dragon ball super