Home / Berita / Donor Darah Di Makohanudnas, ‘Menyumbangkan Darah Perbuatan Mulia’
Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., mengapresiasi para peserta donor darah dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim Perdana Kusuma, Senin (21/1). Donor darah diselenggarakan Kesehatan Kohanudnas, Satuan Kesehatan (Satkes) Denma Kohanudnas dan bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta.

Donor Darah Di Makohanudnas, ‘Menyumbangkan Darah Perbuatan Mulia’

Jakarta, sketsindonews – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kohanudnas ke-57 pada 9 Februari 2019 mendatang, panitia HUT mengadakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Leo Wattimena, Makohanudnas, Halim Perdana Kusuma, Senin (21/1).

Donor darah diselenggarakan Kesehatan Kohanudnas, Satuan Kesehatan (Satkes) Denma Kohanudnas dan bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta. 

Kegiatan donor darah selain diikuti personel Kohanudnas dan Kosekhanudnas I juga mengundang personel TNI AU dari satuan-satuan samping meliputi Markas Koopsau I, Markas Kodiklatau, Wing I Paskhas, Yonko 461, Yonko 467, Denhanud 471, Denmatra I beserta anggota juga Ibu-Ibu IKKT PWA Cab. BS V-Kohanudnas serta Ibu-ibu IKKT PWA Cabang 02 Kosekhanudnas I.

Tampak hadir pula Pangkohanudnas Marsda TNI Imran Baidirus, S.E., Kas Kohanudnas Marsma TNI Arif Mustofa, M.M., Pangkosekhanudnas I Marsma TNI S. Chandra Siahaan., S.IP., M.Tr (Han)., serta pejabat dari Markas Kohanudnas yang mendonorkan darahnya.

Kepala Kesehatan Kohanudans Mayor Kes dr Klara Sinabutar, Sp. KP., menyatakan bahwa terdapat 16 personel dari PMI DKI Jakarta sebagai petugas donor dibantu paramedis Kesehatan Kohanudnas yang melayani kegiatan donor darah. 

“Sesuai prosedur bagi calon pendonor, harus di cek terlebih dahulu kesehatannya mulai dari Hemoglobin (Hb), tensi, dan kekentalan darah, apabila memenuhi syarat dapat mendonorkan darahnya. Apabila kondisi badan sedang tidak fit, sedang berpuasa, dan tidak memenuhi persayaratan untuk donor darah tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya,” Jelas Dokter Klara.

Klara juga menyampaikan bahwa jumlah darah yang didapat dari kegiatan donor darah kali ini sekitar 250 kantong darah, dengan rincian Kohanudnas: 50 kantong, Kosekhanudnas I: 50 Kantong, Koopsau I: 30 kantong, Kodiklatau: 30 kantong, Wing 1 Paskhas: 30 kantong, Yonko 461: 20 kantong, Yonko 467: 20 kantong, Denhanud 471: 10 kantong, serta Den matra; 10 kantong.

Sedangkan Eva Solina selaku penanggungjawab donor darah PMI DKI Jakarta di Kohanudnas menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kohanudnas yang mengadakan kegiatan donor darah ini. 

Dia mengatakan bahwa menyumbangkan darah merupakan perbuatan mulia, darah yang disumbangkan dapat menyelamatkan jiwa orang lain. 

“Darah yang kita berikan yang sehat dan aman yang nantinya akan diberikan kepada pasien di berbagai rumah sakit yang membutuhkannya. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Kohanudnas, 250 kantong darah ini akan sangat bermanfaat bagi kami,” Ucap Eva.

(Eky)

Check Also

Sistem SPS Pengaruhii Kenaikan Jabatan ASN DKI Jakarta

Jakatta, sketsindonews – Rapat evaluasi penyerapan anggaran di ruang Komisi A di hadiri anggota Komisi …

Watch Dragon ball super