Home / Berita / DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Ajak ASN Muda Berinovasi
DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta menggelar Creativity And Innovation Workshop For Public Servants

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Ajak ASN Muda Berinovasi

Jakarta, sketsindonews – Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan meningkatnya konektivitas, interaksi dan batas antara manusia, mesin dan sumber daya lainnya. Integrasi tersebut dimoderasi oleh teknologi informasi dan komunikasi. Industri 4.0 membutuhkan respon perubahan dengan cara yang terintegrasi dan komprehensif dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik itu pelaku politik global, mulai dari sektor pemerintah sampai sektor swasta, akademik, perusahaan, dan tentu saja masyarakat luas.

Untuk menjawab tantangan tersebut sebagai kunci peningkatan daya saing Indonesia, khususnya Jakarta di berbagai sektor, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta berkomitmen melakukan berbagai inovasi dan strategi guna menyikapi penerapan Industri 4.0 yang ditandai oleh workshop bertajuk “Creativity and Innovation Workshop For Public Servants” untuk menstimulasi partisipasi aktif para Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berinovasi menciptakan solusi-solusi baru bagi permasalahan perizinan dan non perizinan di Ibu Kota.

“Sinergi menjadi kata kunci dalam era revolusi industri keempat ini. Untuk itu kami menstimulasi para ASN Muda untuk berinovasi, bekerja sama dengan pelaku usaha di era Revolusi Industri 4.0” ujar Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguschandra.

Lebih lanjut, Benni memaparkan derasnya kemajuan teknologi digital di berbagai sektor seiring tumbuhnya pengguna internet di tanah air menjadi pemicu munculnya startup (perusahaan rintisan) teknologi. Hal ini menurutnya yang harus disikapi oleh para pelayan masyarakat agar dapat memiliki kerangka berpikir yang sama dengan para pelaku usaha pada industri 4.0., mengingat pelayanan publik merupakan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara yang harus selalu terpenuhi.

“kami menggandeng Storial.co dan startup berstatus Unicorn, Go-Jek, untuk memberikan pengalaman serta bertukar pikiran dengan para ASN Muda di lingkungan DPMPTSP baik tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota/Kabupaten hingga tingkat Provinsi” ujar Benni.

Benni menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para ASN Muda dapat bersama-sama membangun teamwork yang kokoh, saling bertukar pikiran dan bekerjasama menciptakan sebuah gagasan yang bermanfaat bagi perbaikan layanan. Proaktif ASN Muda juga diharapkan dapat menemukan terobosan penyelesaian masalah di Jakarta yang selama ini belum bisa terpecahkan.

Hadir sebagai pembicara, Go-jek Regional Public Policy and Government Realations Manager, Emmiryzan, workshop keratifitas dan inovasi seperti ini dapat menjadi bekal bagi para ASN dalam menghadapi revolusi industri 4.0, dimana pelaku usaha dan juga aparatur dituntut agar dapat mengimbangi perkembangan global, dan menjadikan Jakarta sebagai kota bisnis yang unggul di kawasan Asia.

“Hari ini saya menyampaikan materi terkait dengan bagaimana membangun sebuah culture untuk terus berinovasi dan berpikir kreatif.” ujar Emmiryzan.

Emmiryzan menambahkan kesuksesan Go-Jek hingga menyandang status Unicorn tidak terlepas dari peran generasi muda yang selalu berpikir positif, dengan ide kreatif dan inovatif mereka telah mampu mengubah dunia saat ini.

“saya melihat DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, diisi oleh banyak anak muda, ini merupakan modal yang besar bagi pemerintah untuk merubah wajah pelayanan publik di Jakarta ke arah yang lebih baik. Karena Saya percaya, inovasi selalu muncul dari generasi muda, generasi ini memiliki pemikiran yang jauh lebih baik dan berkembang sesuai jaman,” ungkap Emmiryzan.

Sementara itu, Co-Founder storial.co, Aulia Halimatussaidah, mengungkapkan kekagumannya terhadap Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, tempat diselenggarakannya kegiatan workshop bertajuk “Creativity and Innovation Workshop For Public Servants” ini, dimana para ASN telah bekerja dengan berpikir kreatif dan inovatif dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Jakarta, terbukti dengan banyaknya inovasi layanan yang mendekatkan dan memudahkan masyarakat serta beberapa tahun terakhir, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berhasil meraih penghargaan baik dari pemerintah pusat maupun swasta yang kredibel di Indonesia.

“senang memfasilitasi para ASN Muda untuk membuka kerangka berpikir agar terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan publik di PTSP Jakarta. Saya membagikan formula yang digunakan oleh storial.co untuk meluncurkan inovasi dan fitur baru” ujar Aulia.

Dalam kegiatan ini, para ASN Muda DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berhasil melahirkan delapan proyek inovasi yang luar biasa untuk dikembangkan dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima bagi Jakarta.

“Dalam waktu tiga jam pelatihan, delapan proyek inovasi berhasil dilahirkan oleh para ASN Muda DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta. Sangat produktif..” tutup Aulia.

(Eky)

Check Also

165 Orang Diamankan, Bersama Sajam, Busur Panah Dan Uang

Jakarta, sketsindonews – Ratusan orang yang diamankan dalam aksi di sekitar Jakarta Barat berasal dari …

Watch Dragon ball super