Home / Berita / Metropolitan / Dukung Pemekaran Papua, KOMPAJA Sampaikan 6 Pernyataan Sikap
Komunitas Masyarakat Papua Jakarta (Kompaja) gelar aksi damai di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/22). (Dok. sketsindonews)

Dukung Pemekaran Papua, KOMPAJA Sampaikan 6 Pernyataan Sikap

Jakarta, sketsindonews – Puluhan massa yang tergabung dalam Komunitas Masyarakat Papua Jakarta (Kompaja) gelar aksi damai di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/22).

“Mendukung pemekaran daerah otonomi baru di Papua untuk peningkatam kesejahteraan masyarakat asli Papua,” kalimat ini tertulis pada spanduk yang dipegang oleh masa aksi.

Dalam spanduk lain, masa aksi juga menyampaikan harapan agar pemerintah mempercepat pelaksanaan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Dalam aksi yang berjalan singkat dan dikawal oleh anggota Kepolisian tersebut orator menyampaikan 6 pernyataan sikap, yakni.

1. DOB adalah solusi untuk mempercepat dan memeratakan pembangunab di Papua, jadi tidak ada pihak manapun yang bisa menghalangi hak OAP untuk mencapai kesejahteraan.

2. RUU pemekaran telah dibahas wakil-wakil kita di DPR dengan melibatkan elemen-elemen masyarakat serta akademisi, sehingga bohong kalau dikatakan hanya kebijakan sepihak dari pemerintah.

3. Papua wilayah besar, tidak mungkin hanya dikendalikan oleh satu pemerintahan daerah, perlu dimekarkan agar rentang kendali semakin dekat dengan pelayanan lebih baik terhadap masyarakat, itu keinginan semua OAP.

4. OAP berbagai wilayah di Papua juga menginginkan pemekaran, kita harus dukung agenda pemerintah pusat dan perwakilan kita di DPR sebagai penjelmaan aspirasi OAP.

5. Ada elit-elit di Papua yang tidak setuju pemekaran, karena ingin melestarikan kekuasaannya, itu sangat anti demokrasi, harus kita luruskan. OAP jangan terprovokasi dengan ajakan-ajakan yang menyesatkan dan jauh dari tujuan mensejahterakan masyarakat.

6. DPR sebagai wakil kita harus kita dukung atas semua kebijakan yang telah ditetapkan dan diputuskan.

(Eky)

Check Also

Diduga Menganiaya, Ketua AHS Lapor Ke Polisi, Ini Alasannya

Jakarta, sketsindonews – Ketua Yayasan Sarana Metta Indonesia dan Animals Hope Shelter (AHS) Christian Joshua …

Watch Dragon ball super