Back

Media Terpercaya

Dulu Terkenal Kritis, Aktivis UGM itu Sekarang Kolonel

Yogyakarta, sketsindonews – Aktivis kampus biru UGM yang kini menjabat di Militer salah satunya ialah Esra Kriahanta Sembiring atau yang biasa disapa Sembiring.

Ia merupakan aktivis Fisipol UGM dan menjadi salah satu Ketua Senat Mahasiswa UGM bersama Anies Baswedan yang saat itu sebagai Ketua Umum SM UGM Periode 1992 berdasarkan Kongres Mahasiswa UGM di Kaliurang Jogjakarta.

Sejak mahasiswa Sembiring sudah dikenal memiliki pergaulan yang sangat luas di Kampus biru bahkan di kota Jogjakarta. Hampir semua mahasiwa pada masa itu pasti kenal nama dan tampangnya. Sosoknya gampang dikenali, selain karena tampang dan logatnya memang khas ciri anak medan, yang lugas dan tanpa basa basi juga karena keramahannya pada semua orang.

Ia tidak pernah alergi apalagi membeda-bedakan kawannya. Dari semua suku bangsa maupun agama (puluhan ribu mahasiswa UGM) pasti sebagian besar adalah sahabatnya. Karena itu jua lah makanya tidak mengherankan bila ia bisa terpilih menjadi salah satu Ketua Senat di kampus biru.

Saat masih berstatus mahasiswa ia memang sudah terkenal berpendirian keras dan kritis, tak mengenal takut saat mempertahankan prinsip idealismenya, walaupun harus berhadapan dengan para senior aktivis mahasiswa yang jauh lebih tua, yang jelas lebih berpengalaman.

Sembiring sempat beberapa kali harus berurusan dengan aparat negara, namun bukan karena urusan kriminalitas, tapi urusan prinsip demokratisasi seperti mendukung demo reformasi yang akhirnya berlanjut pada kejayaan demokrasi yang hasilnya nyata dinikmati bersama hingga saat ini

Pada 1998, setelah menyelesaikan kuliah dari Ilmu Pemerintahan Fisipol UGM, ia mengikuti pendidikan SEPA PK di AKMIL Magelang dan Lulus dilantik menjadi perwira menyandang pangkat letnan dua pada 7 Juli 1998 bersama 1300 an Perwira TNI-Polri se angkatannya. Kini, Sembiring berpangkat Kolonel, dan masih sangat terbuka luas kesempatan yang lebih tinggi lagi karir kedepannya.

Harapannya kedepan semakin banyak generasi muda kampus yang berkiprah dan mengabdi melalui TNI maupun Polri sehingga dapat ikut menjaga dan ikut meningkatkan kualitas pengabdian TNI kepada bumi pertiwi Indonesia. Karena pada lembaga TNI-Polri kesempatan bagi semua anak bangsa untuk membaktikan dirinya. Terbukti semua pengabdian anak bangsa nyata sama dihargai maksimal sesuai dengan prestasinya. Baginya ini adalah pilihan pengabdian untuk kejayaan negeri tercinta secara nyata.

Fakta membuktikan, banyak mantan aktivis yang bisa sukses berkiprah dimana saja. Tidak sedikit yang saat ini sukses menjadi Gubernur, Ketua / anggota DPR, Menteri, Jenderal, bahkan hingga presiden. Semuanya sepakat untuk membangun Indonesia menjadi rumah bersama yang sejahtera. Semoga segera dapat terwujud.

(Eky)

About the Author /

Pimpinan Perusahaan SketsIndo Juni 2016.