Home / Artikel / E-pub Bagi Tuna Netra Disosialisasikan Pertuni Bersama Yayasan Mitra Netra

E-pub Bagi Tuna Netra Disosialisasikan Pertuni Bersama Yayasan Mitra Netra

Jakarta, sketsindonews – Persatuan Tunanetra Indonesia ( Pertuni) bersama Yayasan Mitra Netra, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Yayasan Damandiri akan menyelenggarakan “Sosialisasi dan Pelatihan Penggunaan Buku Elektronik (E-Pub) bagi disabilitas Tunanetra. (25-01-2017)

Rencananya kegiatan akan dilaksanakan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung pada tanggal 26 Januari 2017.

Selain menyambut HUT Pertuni ke-51 ini merupakan pembuka serangkaian sosialisasi dan pelatihan yang akan dilaksanakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Kemungkinan Menkominfo Rudiantara akan hadir untuk meresmikan rangkaian kegiatan ini. Selain itu, pada sesi talkshow terkait buku epub untuk tunanetra akan dihadiri pula oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil sebagai narasumber.

Memurut Ketua Pertuni Aria Indrawati, Indonesia pada umumnya penyandang tunanetra juga memiliki hak yang sama, salah satunya hak untuk berekspresi, berkomunikasi, dan memperoleh informasi yang mudah diakses.
Untuk meningkatkan fasilitasi akses buku bagi tunanetra, di akhir tahun 2016, Yayasan Mitra Netra telah meluncurkan perpustakaan buku digital online yang diberi nama Pustaka Mitra Netra  link. www.mitranetra.web.id, tukasnya.

Pada perpustakaan ini telah diunggah ratusan jenis buku yang jumlahnya terus akan bertambah. Buku-buku tersebut dibuat dalam bentuk elektronik versi E-Pub yang struktur bukunya disesuaikan dengan struktur buku asli sehingga sangat aksesibel bagi tunanetra.

Tambah Aria, ia pun mengapresiasi dan mendukung kehadiran perpustakaan buku E-Pub yang diinisiasi oleh Yayasan Mitra Netra tersebut.

Selama ini di masyarakat memang telah ada buku epub. Namun, buku epub yang ada tidak dalam format teks, melainkan dalam format JPG yaitu file hasil pemindaian, yang hanya dapat dibaca dengan penglihatan, dan tidak dapat dibaca dengan perangkat lunak pembaca layar pada gadget tunanetra, papar Aria. (Nr)

Check Also

Hati Yang Baru dan Roh Yang Baru

(Hesekiel 36:25-28) Renungan, sketsindonews – Terjadinya pembuangan bangsa Israel, bukan berarti Allah tidak mengasihi mereka, …

Watch Dragon ball super