Home / Berita / E-Tilang Di Pengadilan Jakarta Timur Diberlakukan Akhir Januari
Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Nawawi Pamolango, SH (Dok. sketsindonews.com

E-Tilang Di Pengadilan Jakarta Timur Diberlakukan Akhir Januari

Jakarta, sketsindonews – Informasi tata cara pelayanan sidang tilang terbaru terpasang di kantor Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Dimana dijelaskan mekanisme pengambilan barang bukti (BB), bagi pelanggar lalu lintas seperti halnya ditemui pada Hari Jum’at (20/1) di papan informasi terletak dipintu masuk dan beberapa sudut sekitar area ruang sidang.

Dalam keterangan tertulis itu, telah dijelaskan berdasarkan PERMA NO.12 TAHUN 2016 dan akan diberlakukan pada akhir Bulan Januari 2017.
Pelanggar tilang kedepannya tidak perlu hadir seperti biasa hingga memadati halaman pengadilan. Selebihnya, pelanggar bisa melihat besarnya denda tilang di Web resmi: www.pn-jakartatimur.go.id atau www.kejari-jaktim.go.id dengan semboyan sebagai berikut.

  1. MELIHAT
  2. BAYAR
  3. AMBIL

Sebelumnya, Kepala Pengadilan Negeri Jakarta Timur telah mengatakan kepada media terkait pelayanan e-tilang di agar tidak terjadi penumpukan antrean dan untuk pembayaran denda tilang pelanggar bisa membayar langsung pada Bank yang telah ditunjuk.

“Ada beberap hal yang terpenting terkait e-tilang untuk pelimpahan berkas itu 3 hari, sidang paling tidak sudah dilimpahkan ketika berkas masuk dengan tim saya. Dia (pelanggar) pergi ke BRI dilaporkan barang buktinya ambilnya dikejaksaan dilayar monitor (website) kita tercantum uang denda ,” jelas Nawawi Pomolango, SH.

Nawawi juga menambahkan informasi dan pemberitahuan tentang e-tilang akan di pasang dikantor pengadilan dan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Jakarta Timur. Lanjutnya, dia akan berdiskusi dengan pihak kejaksaan untuk memastikan berjalannya mekanisme proses e- tilang pada akhir Januari 2017.

“Tetapi kedepannya orang (pelanggar) tidak datang lagi. Kami akan pasang dipapan informasi dan dikejaksaan untuk efektifitas di Bulan Januari 2017, apakah bisa dilakukan kita akan berembuk ke teman-teman Kejaksaan. Saya butuh dukungan rekan-rekan,” imbuh kepala PN Jakarta Timur. (Dw)

Check Also

Pemerintah Daerah Perlu Meningkatkan Pengawasan Limbah Industri

Opini, sketsindonews – Melihat dan membaca berbagai fenomena pencemaran lingkungan oleh suatu pabrik atau industri, …

Watch Dragon ball super